Ini Dia Pahlawan Indonesia Yang Berasal Dari Bandung

Wpfreeware 2021-08-08 10:58:33 Ngebandung


Untuk menjadi Indonesia yang sekarang, tentunya butuh perjuangan para pahlawan pendahulu kita yang telah merelakan darah dan keringatnya untuk membangun bangsa ini. Ada banyak pahlawan dari berbagai daerah yang telah berjuang melawan penjajah, mulai dari Sabang hingga Merauke. Termasuk di kota kita tercinta Bandung, Jawa Barat terdapat beberapa pahlawan yang asli berasal dari Bandung, berikut merupakan ulasannya.

Raden Dewi Sartika

Dewi Sartika, Pahlawan Dari Tanah Pasundan | infobdg.com

Salah satu tokoh yang berperan penting pada emansipasi wanita selain Kartini adalah Raden Dewi Sartika. Wanita kelahiran Cicalengka, Bandung pada 4 Desember 1884 ini menjadi perintis pendidikan bagi kaum wanita. Ia pun menjadi pendiri sekolah isteri di Pendopo Kabupaten Bandung dan mengajarkan wanita membaca, menulis dan berhitung.

Otto Iskandar Dinata


Pahlawan yang memiliki julukan si Jalak Harupat ini lahir di Bandung tepatnya di Bojongsoang pada tahun 1897. Beliau sempat menimba pendidikannya di Harvard University. Beliau pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Budi Utomo cabang Bandung di periode 1921-1924.

Raden Aria Adipati Wiranatakusuma


Lahir di Bandung pada 18 November 1888, Raden Aria Adipati Wiranatakusuma juga menjadi Menteri Dalam Negeri pertama di Republik Indonesia. Selain itu beliau juga pernah menjabat sebagai Bupati Bandung periode 1920-1931 dan 1935-1945. 

Comment

Similar Post You May Like