Melestarikan Musik, Dengan Mengenal Alat Musik Tradisional Khas Sunda!

Wpfreeware 2022-06-22 13:00:00 hotnews


Source: Google Image

Dalam memperingati hari musik sedunia yang jatuh pada tanggal 21 Juni, Sobat Glamours akan diajak untuk melestarikan musik tradisional khas Jawa Barat. Selain itu Anda akan berkenalan dengan beberapa alat musik tradisional khas sunda. Penasaran apa saja? Yuk simak selengkapnya berikut ini!


Calung

Calung Renteng, Wasiat Kebudayaan Agraris - Indonesia Kaya

Source: Google Image

Sobat Glamours pernah melihat atau memainkan alat musik ini belum? Calung merupakan alat musik khas Jawa Barat memang terkenal karena terbuat dari bahan bambu. Calung dimainkan dengan cara dipukul menggunakan alat pemukul khusus pada ruas bambu untuk menghasilkan suara merdu dengan nada-nada yang berbeda.


Suling

Suling: Sejarah, Fungsi, Hingga Cara Memainkannya

Source: Google Image

Masih dengan alat musik tradisional khas sunda, yaitu suling. Suling ini sangatlah sering ditemukan dana familiar. Pada orkestra dangdut suling salah satu alat musik yang membuat melodi yang begitu harmoni. Cara memainkan suling yaitu dengan ditiup, alat ini memiliki enam lubang yang membuatnya mengeluarkan melodi indah.


Karinding

Siswa, Kenali Alat Musik Tradisional Sunda Karinding dan Filosofinya  Halaman all - Kompas.com

Source: Google Image

Alat musik karinding dapat terbuat dari bambu ataupun pelepah pohon aren. Uniknya, Karinding yang terbuat dari bambu umumnya dibuat untuk digunakan para laki-laki, sedangkan yang terbuat dari pelepah pohon aren dibuat bagi para perempuan. Cara memainkan alat ini adalah = ditiup pada bagian tiga ruas yang dimilikinya sembari tangan memukul pada bagian salah satu sisinya untuk menciptakan resonansi suara merdu yang harmonis.


Kecapi

5 Jenis Alat Musik Kecapi dan Cara Memainkannya | BukaReview

Source: Google Image

Dalam tembang Sunda, alat musik ini kerap digunakan sebagai salah satu instrumen musiknya. Dimainkan dengan cara dipetik dan terbagi menjadi dua jenis bagian. Kecapi Indung dengan ukuran lebih besar dan berdawai 18 hingga 20 digunakan sebagai instrumen untuk memimpin jalannya musik seperti memberikan intro hingga menentukan tempo. Sedangkan Kecapi Rincik atau kecapi anak dimainkan sebagai iringan musik dengan mengisi jeda-jeda antar nada dengan frekuensi tinggi.


Tarawangsa

ALAT MUSIK TARAWANGSA NYARIS PUNAH | ANTARA Foto

Source: Google Image

Tarawangsa merupakan salah satu alat musik Sunda yang berusia cukup tua. Alat musik ini sendiri telah tercatat dalam naskah kuno abad ke-18 Sewaka Darma. Memiliki dua dawai, alat musik ini dimainkan dengan cara menggesek salah satu dawai sembari memetik dawai satunya untuk menghasilkan harmoni suara. Mirip seperti biola bukan?


Angklung

Masyarakat Global Rayakan 11 Tahun Angklung Diakui Dunia

Source: Google Image

Membahas alat-alat musik tradisional Jawa Barat, tak lengkap tentu tanpa menyebut Angklung. Alat musik yang terbuat dari bambu ini merupakan instrumen multitonal alias alat musik bernada ganda yang dimainkan dengan cara digoyangkan. Suara angklung yang khas dihasilkan dari benturan bambu dan potongan bambu pada bagian dalam yang menghasilkan nada dengan suara yang bergetar.


Itulah beberapa alat musik khas sunda yang perlu dilestarikan, gimana Sobat Glamours tertarik untuk memainkan salah satunya?


Comment

Similar Post You May Like