Intip Manfaat Biodegradable untuk Kesehatan Lingkungan

Wpfreeware 2022-06-24 15:00:00 health


Source: Pinterest

Sobat Glamours tahu istilah biodegradable? Istilah ini merupakan kemampuan sesuatu untuk hancur atau terurai yang disebabkan oleh tindakan mikroorganisme seperti bakteri atau jamur biologis dengan atau tanpa oksigen dengan memperhatikan lingkungan alam. Kebanyakan biodegradable merupakan sebuah plastik atau sebuah packaging yang berasal dari plastik.


Biasanya terkenal dengan sebutan bioplastik dan umumnya terbuat dari tanaman (seperti bambu atau tebu) daripada bahan bakar fosil. Agar bioplastik ini dapat terurai secara adil dan efektif, kemampuan pengomposannya perlu dikonfirmasi sesuai dengan standar internasional untuk memastikan mereka dapat ditangani di pabrik pengomposan industri. Peralihan ini akan sangat berdampak bagi lingkungan, dan memiliki manfaat yang banyak.


Sobat Glamours penasaran dengan manfaat dari biodegradable untuk lingkungan hidup? Yuk simak penjelasannya berikut ini!


Mengurangi Jejak Karbon

Tentang Carbon Footprint alias Jejak Karbon dan Lingkungan

Source: Google Image

Jejak karbon adalah jumlah gas rumah kaca yang dilepaskan ke lingkungan sebagai akibat dari aktivitas manusia. Siklus hidup produk produk pengemasan mengalami berbagai fase, mulai dari ekstraksi bahan baku hingga produksi, transportasi, penggunaan, dan akhir siklus hidup.


Setiap fase melepaskan sejumlah karbon ke lingkungan. Menggunakan biodegradable akan melepaskan lebih sedikit emisi karbon selama produksi dan diproduksi menggunakan bahan yang sangat dapat didaur ulang yang mengurangi konsumsi sumber daya energi berat. 


Mudah Terurai

Mengapa Plastik Ramah Lingkungan Bukan Solusi? – Aliansi Zero Waste  Indonesia

Source: Pinterest

Selain mengurangi jejak karbon kami, bahan ramah lingkungan ini  bermanfaat dalam menciptakan dampak bahkan di tahap terakhir siklus hidupnya. Hal itu karena bahan kemasan alternatif ini dapat terurai secara hayati dan terbuat dari bahan yang dapat didaur ulang, sehingga meminimalkan dampak negatifnya terhadap lingkungan. Sehingga lingkungan sekitar bisa lebih asri dan sehat.


Kemasan ramah lingkungan serbaguna

Source: Pinterest

Kemasan ramah lingkungan cukup serbaguna dan dapat digunakan kembali di semua industri besar di mana kemasan standar digunakan. Ini berarti Anda dapat menggunakan bahan-bahan ini dalam berbagai variasi dibandingkan dengan kemasan tradisional. Kemasan tradisional tidak hanya merusak lingkungan kita, tetapi juga membatasi kreativitas dalam mendesain kemasan. Anda juga akan memiliki lebih banyak pilihan


Itulah beberapa manfaat yang diberikan dari bahan biodegradable untuk kesehatan lingkungan kita. Yuk Sobat Glamours mulailah menggunakan bahan dan barang yang ramah lingkungan juga mengurangi sampah plastik.


Comment

Similar Post You May Like

Lokasi

Alamat: Jl. Kancra No 37, Buahbatu, Bandung 40262
(022) 7324011
09:00-17:00

Media Partner