Jangan Dikupas! Buah dan Umbi Berikut Memiliki Nutrisi Pada Kulitnya

Wpfreeware 2022-06-23 11:00:00 health


Source: Pinterest

Sobat Glamours seringkali mengupas kulit pada buah? Atau mengupas kulit pada sayur? Hanya karena tidak suka dan tidak memiliki rasa khusus. Namun meski demikian, ada beberapa kulit buah dan umbi yang justru mengandung banyak serat serta nutrisi di dalamnya. Salah satunya adalah mentimun, semua bagian daging, kulit serta bijinya mengandung nutrisi.


Sebaiknya buah dan sayur yang memiliki nutrisi lebih pada kulitnya dikonsumsi secara bersamaan dengan kulitnya untuk mendapatkan banyak manfaat baik bagi tubuh. Tapi apa aja sih buah dan sayur yang memiliki nutrisi pada kulitnya? Yuk Sobat Glamours simak berikut ini.


Kiwi

Source: Pinterest

Kiwi merupakan buah-buahan yang memiliki rasa segar dan asam. Kiwi ini mempunyai kulit berbulu halus dengan kandungan vitamin C serta serat tiga kali lebih banyak dari dagingnya. Kamu bisa memakan kiwi sekaligus bersama kulitnya untuk mendapatkan nutrisi yang lebih banyak. Meski terdengar sedikit aneh, namun manfaatnya akan semakin besar.


Apel

Source: Pinterest

Beberapa orang tidak menyukai kulit apel dan memutuskan untuk mengupasnya. Padahal apel merupakan buah yang bisa langsung dikonsumsi dengan kulitnya, karena mengandung setengah dari kandungan serat buah. Selain itu terdapat vitamin C, vitamin A, vitamin K dan kalium apel.


Jambu Biji

Source: Pinterest

Jambu biji adalah buah dengan kandungan antioksidan yang tinggi. Selain itu jambu biji juga mengandung banyak nutrisi yang baik bagi tubuh seperti vitamin, serat, dan mineral. Semua nutrisi tersebut dapat Anda peroleh dari buah jambu dan kulitnya tanpa dikupas. Oleh karena itu jika Anda ingin mendapatkan manfaat yang maksimal, mulailah mengkonsumsi buah jambu dengan biji dan kulitnya.


Mentimun

Source: Pinterest

Mentimun merupakan sayuran yang banyak digemari orang karena kandungan airnya yang melimpah dan kaya akan manfaat. Namun banyak resep salad mengharuskan mengupas kulit dan membuang biji mentimun, padahal kedua bagian tersebut yang paling padat nutrisi. Sebaiknya Anda menambahkan mentimun ke dalam menu diet tanpa harus mengupas kulitnya.



Kentang

Source: Pinterest

Kulit kentang kaya akan serat serta vitamin, dengan mengupas dan memotong kulit kentang sama dengan menghilangkan nutrisinya. Sebaiknya biarkan kulit kentang tanpa dikupas, seperti membuat kentang panggang, salad kentang. Bisa juga simpan kulit kentang kemudian goreng untuk camilan. Tekstur dari kulit kentang yang dikupas akan crispy dan enak jika ditambahkan bumbu penyedap.


Ubi Jalar

Source: Pinterest

Mengkonsumsi kulit Ubi jalar akan mendapatkan manfaat baik bagi tubuh, kamu bisa memperoleh serat, vitamin C, vitamin E, beta-karoten, kalium dan zat besi. Cara membuat kulit ubi sedikit lunak yaitu dengan memanggang kulit ubi tersebut selama kurang lebih 10-15 menit di dalam oven atau microwave.


Comment

Similar Post You May Like