Memahami Pentingnya Self Esteem, Untuk Kesehatan dan Diri Sendiri!

Wpfreeware 2022-06-22 11:00:00 Ngebandung


Source: Pinterest

Sobat Glamours pernah mendengar istilah self esteem atau penghargaan diri? Hal ini berfokus pada bagaimana cara Anda menilai diri dan akhirnya bisa menerima dan mencintai diri sendiri. Karena berfokus pada penilaian diri, self esteem menjadi bagian dari karakteristik seseorang yang sangat penting untuk pengembangan diri, terlebih bila individu tersebut memiliki self esteem yang sehat.


Pada sebagian orang, saat seseorang memiliki harga diri tinggi, hal tersebut bisa saja berpengaruh terhadap kepercayaan diri mereka. Berikut yang menjadi ciri seseorang dengan harga diri tinggi:


  • Bertindak secara mandiri. Mereka dengan harga diri tinggi akan membuat pilihan dan mengambil keputusan tentang masalahnya sendiri.
  • Menerima tanggung jawab. Mereka akan bertindak dengan segera dan penuh keyakinan.
  • Merasa bangga dengan prestasinya. Mereka senang menerima pengakuan terhadap prestasi yang dicapainya, bahkan mereka terkadang akan memuji diri sendiri.
  • Suka dengan tantangan baru. Mereka akan penuh antusias saat menerima tugas yang belum pernah dilakukan sebelumnya.
  • Mereka mampu tertawa, berteriak, menangis, serta mengungkapkan kasih sayangnya secara spontan. Mereka secara umum akan mengalami berbagai emosi tanpa menyadarinya.
  • Mereka mampu menghadapi rasa frustasi dan stres dengan berbagai reaksi, seperti menertawakan diri sendiri, atau berteriak keras-keras.
  • Mereka merasa memiliki kemampuan dalam mempengaruhi orang lain. Mereka sangat percaya diri akan kesan yang diperolehnya dan mampu mempengaruhi orang lain.

Source: Pinterest

Beberapa hal tersebut merupakan self-esteem yang sehat. Self-esteem dapat berubah-ubah, ada kalanya rendah, tapi juga bisa sehat atau positif. Namun, jika harga diri yang Anda miliki terlalu tinggi, hal tersebut akan membuat diri sendiri tidak sengaja merendahkan orang lain, suka mengatur orang lain, dan menjadi sosok yang menyebalkan di lingkungan Anda.


Untuk itu Sobat Glamours harus terus menjaga self-esteem dalam keadaan sehat dan stabil, agar mampu menghargai juga mencintai diri sendiri juga lingkungan sekitar Anda.


Comment

Similar Post You May Like