Sudah Tahu? Berikut 3 Fakta Tentang Pori-pori Wajah!

Wpfreeware 2022-06-12 10:53:53 Fashion&beauty


Source: Pinterest

Pori adalah sebuah lubang pada kulit yang memungkinkan zat, cairan dan oksigen bisa melewati dan terserap ke permukaan kulit. Kebanyakan pori-pori juga merupakan rumah dari folikel rambut. Didalamnya juga terdapat kelenjar minyak dan keringat. Pori-pori memiliki ukuran sendiri yang besar dan kecil. Pori-pori yang berukuran besar cukup mengganggu penampilan wajah.


Namun kini, banyak cara yang dilakukan agar bisa mendapatkan pori-pori yang tidak besar. Bisa melalui perawatan mandiri menggunakan produk skincare hingga perawatan ke klinik kecantikan. Mungkin banyak hal-hal yang masih Anda jarang ketahui mengenai pori-pori di kulit ini. Yuk Sobat Glamours, cari tahu fakta tentang pori-pori wajah berikut ini!


Pori-Pori Tidak Membesar dan Mengecil

Source: Pinterest

Selama ini banyak yang berasumsi kalau pori-pori itu bisa terbuka dan tertutup, serta ukurannya bisa kecil dan bisa membesar juga. Faktanya, itu cuma sebuah mitos kebenarannya adalah pori-pori mengandung sebum atau minyak yang akan melunak ketika terkena panas. Sebum yang cair akan lebih mudah keluar dari pori-pori dan membuat skincare lebih mudah meresap seolah pori-pori seperti terbuka padahal tidak.


Pori Pori Bisa Tersumbat

Source: Pinterest

Pori-pori bisa tersumbat oleh sel kulit mati, bakteri dan juga minyak. Tipe kulit berminyak, kulit yang meradang, dan kulit yang sedang eksfoliasi pori-porinya akan lebih mudah untuk tersumbat. Ukuran pori-pori dipengaruhi oleh faktor genetik. Selain itu, saat usia Anda makin bertambah, keelastisan kulit akan berkurang dan membuat pori-pori makin terlihat. ain halnya dengan yang memang sudah mempunyai pori-pori besar dan tipe kulitnya berminyak, seiring bertambahnya usia justru pori-pori akan lebih tidak terlihat.



Suhu Air Mempengaruhi Pori-pori

Source: Pinterest

Fakta tentang pori-pori wajah lainnya yaitu suhu air bisa mempengaruhi pori-pori kulit. Air hangat dapat membuka pori-pori wajah, sedangkan air dingin bisa mengecilkan kembali pori-pori. Saat Anda ingin membersihkan wajah, sebaiknya tepuk-tepuk lembut permukaan wajah menggunakan handuk yang sudah direndam di air hangat.


Kemudian, setelah selesai membersihkan wajah, dilanjutkan dengan menepuk-nepuk wajah dengan handuk lembut yang sudah direndam dengan air es agar pori-pori wajah bisa mengecil kembali. Dengan melakukan dua hal tadi secara rutin sebelum membersihkan wajah, proses pembersihan wajah yang Anda lakukan bisa lebih efektif. 

Comment

Similar Post You May Like