Kewalahan Dengan Perilaku Impulsif? Yuk Simak Cara Mengatasinya!

Wpfreeware 2022-06-03 11:37:01 health


Source: Pinterest

Sobat Glamours pernah melakukan sesuatu tanpa berpikir panjang? Ya, itu adalah salah satu perilaku impulsif. Perilaku impulsif adalah sikap ketika seseorang melakukan suatu tindakan tanpa memikirkan akibat dari apa yang dilakukannya. Kondisi ini umumnya ditunjukkan oleh anak-anak, karena mereka belum mengerti cara menyampaikan emosi atau meredam dorongan (impuls) yang dirasakannya.


Meski demikian, orang dewasa juga banyak yang selalu berperilaku impulsif, seperti halnya belanja berlebihan. Akan tetapi, perilaku yang terjadi sesekali ini bukanlah hal yang patut diwaspadai. Perilaku impulsif baru dapat disebut sebagai gangguan psikologis jika semakin sering muncul atau terasa sulit untuk dikendalikan.


Penyebab pasti seseorang melakukan perilaku impulsif belum diketahui secara pasti. Akan tetapi, ada beberapa kondisi psikologis yang cenderung membuat seseorang sering melakukan perilaku impulsif, seperti BPD (Borderline personality disorder), ADHD (Attention deficit hyperactivity disorder), bipolar, kleptomania dan penyakit parkinson.


Astro : ce signe est de loin le plus impulsif... Découvrez pourquoi !

Source: Pinterest

Perilaku impulsif meliputi banyak hal, berikut ini adalah beberapa tanda seseorang memiliki perilaku impulsif:


  • Mengambil sesuatu yang diinginkan secara paksa tanpa harus menunggu atau meminta terlebih dahulu
  • Memanjakan diri dengan hal-hal, seperti berbelanja atau makan berlebih
  • Merusak barang milik pribadi atau orang lain ketika marah
  • Berbicara tanpa mempertimbangkan baik atau buruknya perkataan tersebut
  • Melukai diri sendiri ketika marah, sedih, atau kecewa
  • Berteriak saat merasa stres
  • Merasa sulit untuk fokus dan menyelesaikan tugas


Perilaku tersebut jika dibiarkan akan bertambah parah dan menimbulkan masalah dalam kehidupan sehari-hari, maka perlu dievaluasi oleh seorang psikolog atau psikiater. Jika hasil pemeriksaan kejiwaan menunjukkan bahwa perilaku impulsif yang dialami seseorang sudah mengarah pada gangguan mental, psikiater atau psikolog akan melakukan beberapa langkah penanganan berupa pemberian obat-obatan dan psikoterapi. 


Seseorang bisa saja melakukan perilaku impulsif hanya sesekali. Akan tetapi, bila sikap impulsif tersebut sering terjadi dan merugikan diri sendiri maupun orang lain, hal ini perlu Sobat Glamours waspadai dan ditangani dengan tepat.

Comment

Similar Post You May Like