Asparagus, Si Sayuran Hijau Enak Yang Bermanfaat!

Wpfreeware 2022-06-02 17:05:26 health


Source: Pinterest

Asparagus merupakan sayuran hijau yang memiliki rasa enak. Sayuran ini biasa dihidangkan dengan steak atau pasta, namun ternyata asparagus juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh lho Sobat Glamours! Sayuran berwarna hijau dan putih ini dapat dikonsumsi langsung maupun diolah dengan cara ditumis, direbus, atau dipanggang.


Asparagus dikenal sebagai salah satu jenis sayuran yang kaya akan nutrisi, seperti serat, protein, karbohidrat, kalsium, zat besi, kalium, fosfor, zinc, selenium, dan folat. Tak hanya beragam nutrisi di atas, asparagus juga mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, vitamin E, vitamin K, serta antioksidan, seperti flavonoid, glutathione, kolin, dan polifenol.

Berbagai nutrisi yang terkandung di dalam asparagus membuat sayuran ini memiliki berbagai manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat asparagus yang bisa Anda peroleh, simak dengan baik ya!


Menjaga kesehatan janin

Source: Pinterest

Asparagus mengandung nutrisi yang penting bagi kesehatan ibu hamil dan janin, seperti folat. Nutrisi ini dibutuhkan pada tahap awal kehamilan agar janin bisa tumbuh dan berkembang dengan sehat. Ibu hamil yang mengkonsumsi cukup folat dapat melindungi janinnya dari risiko cacat tabung saraf, seperti spina bifida. Maka dari itu banyak ibu hamil yang mendadak mengkonsumsi asparagus untuk kesehatan janinnya.


Mencegah pertumbuhan sel kanker

8 Faktor Penyebab Kanker Secara Umum yang Perlu Diwaspadai

Source: Pinterest

Kandungan glutathione dalam asparagus baik untuk mencegah pertumbuhan sel kanker dan mengeluarkan zat beracun dari dalam tubuh. Meski begitu, manfaat asparagus ini masih perlu diteliti lebih lanjut. Agar terhindar dari penyakit kanker, Anda tetap disarankan untuk menjalani pola hidup sehat dan rutin memeriksakan kesehatan ke dokter.


Menjaga tekanan darah tetap stabil

Source: Pinterest

Asparagus mengandung asam amino asparagin yang berperan sebagai diuretik alami. Zat ini dapat merangsang tubuh untuk menghilangkan kelebihan garam, air, dan zat beracun melalui urine. Berkurangnya kadar garam dalam tubuh, dapat menjaga tekanan darah tetap stabil.


Tak hanya itu, efek diuretik asparagus juga membuat Anda menjadi lebih sering buang air kecil. Dengan begitu, risiko terkena infeksi saluran kemih berkurang karena bakteri di saluran kemih akan keluar bersama urine. Efek diuretik tersebut juga baik untuk mengatasi masalah pada saluran kemih.


Itulah beberapa manfaat Asparagus, tidak heran jika sayuran ini tergolong menjadi salah satu jenis makanan yang baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh. Sudahkah Sobat Glamours mencoba sayuran ini? 

Comment

Similar Post You May Like