Simak Bahaya Wortel Jika Dikonsumsi Secara Berlebih!

Wpfreeware 2022-06-01 11:45:22 Ngebandung


Source: Pinterest

Wortel merupakan sayuran yang memiliki manfaat banyak, khususnya untuk kesehatan mata karena mengandung vit A. Disamping itu satu manfaat wortel didapatkan dari kandungan beta karotennya. Namun, jika kita terlalu banyak mengonsumsi zat tersebut, maka akan ada gangguan kesehatan yang dialami.


Di dalam satu wortel ukuran sedang terdapat sekitar 4 miligram beta-karoten. Bahaya wortel dapat terjadi saat Anda mengonsumsi 20 – 50 miligram beta-karoten per hari atau sekitar 10 wortel sehari selama beberapa minggu. Ini adalah jumlah yang dapat menyebabkan pengendapan beta-karoten di kulit dan menyebabkan perubahan warna.


Maka dari itu, sebaiknya konsumsi wortel dalam jumlah sedang dengan disertai variasi buah dan sayuran lainnya. Hanya dengan konsumsi makanan yang seimbang maka semua kebutuhan nutrisi dapat dipenuhi dalam jumlah yang tepat. Berikut bahaya wortel yang dapat terjadi saat Anda mengkonsumsinya dalam jumlah berlebihan.


Karotenemia

Berbahayakah Kulit Bayi Menjadi Kuning karena Kebanyakan Wortel? |  Popmama.com

Source: Pinterest

Terlalu banyak makan wortel dapat membuat kadar beta karoten di dalam tubuh menumpuk berlebihan. Beta karoten adalah molekul yang memberi warna oranye cerah pada wortel dan merupakan prekursor vitamin A. Karoten merupakan molekul yang larut dalam lemak, sehingga saat jumlahnya berlebihan dan dalam jangka waktu yang lama, akan cenderung menumpuk di lapisan bawah kulit. Kondisi ini dapat menyebabkan kulit lama kelamaan terlihat kuning atau oranye. Kondisi ini dikenal dengan istilah karotenemia.


Gangguan pencernaan

Kenali Jenis Gangguan Pencernaan & Cara Mengatasinya - www.hdindonesia.com

Source: Pinterest

Selain kaya akan beta karoten, bahaya wortel juga bisa terjadi karena tingginya kandungan serat di dalamnya. Delapan puluh persen serat pada wortel adalah jenis serat tidak larut yang dapat mengikat air dan mendorong pencernaan berfungsi lebih baik dan mencegah sembelit. Namun saat dikonsumsi berlebihan, serat tersebut dapat membuat feses menjadi cair dan bisa memicu diare.


Asupan nutrisi tidak seimbang

Rekomendasi 5 Makanan Kaya Nutrisi untuk Tubuh Sehat - Jovee.id

Source: Pinterest

Seringkali, saat seseorang mengonsumsi suatu jenis makanan dalam jumlah berlebihan itu karena mereka sedang menjalani diet tertentu yang membuat mereka harus membatasi variasi makanan. Ini juga seringkali menjadi alasan orang yang terlalu banyak makan wortel. Meskipun wortel kaya akan nutrisi penting seperti vitamin A, serat makanan, mineral tertentu, tapi sayuran ini tidak bisa memenuhi semua kebutuhan gizi harian yang diperlukan tubuh. Akibatnya, risiko terjadinya kekurangan gizi bisa meningkat.


Comment

Similar Post You May Like