Alami Sakit Setelah Berolahraga? Yuk Simak Alasannya

Wpfreeware 2022-05-20 20:02:18 health


Source: Pinterest

Pernahkah Sobat Glamours merasakan badan pegal dan sakit setelah berolahraga? Hal ini merupakan salah satu efek dari dari program latihan yang Anda jalani. Pada dasarnya, ketika melakukan olahraga yang baru atau gerakan yang otot Anda jarang lakukan, maka sel-sel otot pada bagian yang Anda gunakan akan mengalami kerusakan. Hal ini disebut dengan DOMS atau Delayed Onset Muscle Sense.


Kondisi ini termasuk normal dan semua orang bisa merasakannya, bahkan bagi atlet profesional sekalipun. Karena hal tersebut rasa nyeri akan timbul, namun jangan khawatir ini merupakan tanda bahwa otot mulai beradaptasi dalam menerima tekanan selama latihan. DOMS biasanya dimulai 6 hingga 8 jam setelah Anda melakukan aktivitas baru atau setelah mengubah aktivitas tertentu.


Rasa nyeri ini bisa bertahan selama 24 hingga 48 jam ke depan. Inilah mengapa biasanya Anda baru akan merasakan badan sakit pada keesokan harinya atau berjam-jam setelah berolahraga. Jadi ketika Anda melakukan aktivitas yang sama lagi, otot sudah semakin kuat dan mampu beradaptasi. Rasa sakit pun tidak muncul lagi atau sedikit berkurang.


Efek DOMS berbeda dengan kondisi nyeri dan pegal otot ringan pada umumnya, dan biasanya efek ini tidak mengganggu. Kondisi ini bisa Anda alami jika melakukan hal-hal seperti berikut ini.


  • Saat memulai olahraga untuk pertama kalinya atau sudah lama sekali tidak olahraga lalu akhir-akhir ini Anda baru mencobanya lagi.
  • Menambahkan aktivitas baru dalam program latihan rutin Anda.
  • Meningkatkan jumlah intensitas latihan. Contohnya, meningkatkan kecepatan lari, menaikkan berat beban yang Anda angkat, atau menambahkan jumlah repetisi pada gerakan latihan Anda.
  • Melakukan aktivitas yang lama berulang-ulang tanpa istirahat yang cukup.


Jadi jangan khawatir saat mengalami sakit pada otot setelah berolahraga, karena hal tersebut merupakan salah satu proses dari olahraga itu sendiri ya Sobat Glamours! Namun jika mengalami keluhan lain yang lebih serius, segera konsultasikan dengan dokter.


Comment

Similar Post You May Like

Lokasi

Alamat: Jl. Kancra No 37, Buahbatu, Bandung 40262
(022) 7324011
09:00-17:00

Media Partner