Kegunaan Terapi Hormonal Yang Harus Anda Ketahui!

Wpfreeware 2022-05-11 17:04:35 health


Source: Pinterest

Terapi hormonal merupakan metode pengobatan yang dilakukan untuk mengatasi kondisi medis yang berhubungan dengan gangguan hormonal, mulai dari meringankan gejala menopause hingga meningkatkan kesuburan. Pasalnya terdapat banyak sekali hormon yang terdapat pada tubuh Anda, mulai estrogen, progesteron hingga luteinizing hormone (LH). Namun tahukah Sobat Glamours kegunaan terapi hormonal untuk tubuh? Yuk simak berikut ini.


Meringankan Gejala Menopause

Source: Pinerest

Saat memasuki masa menopause, hormon estrogen dan progesteron di tubuh wanita akan mengalami penurunan, sehingga mengakibatkan munculnya berbagai gejala, seperti merasa panas atau gerah (hot flashes), vagina kering, dan penurunan gairah seks. Guna mengurangi ketidaknyamanan tersebut, terapi hormonal dapat menjadi salah satu pilihan. Jenis terapi hormonal yang dapat digunakan adalah terapi estrogen dan terapi kombinasi (gabungan dari estrogen dan progesteron).



Mengatasi Gangguan Kesuburan (infertilitas)

Source: Pinterest

Terapi hormonal juga bisa digunakan untuk mengatasi gangguan kesuburan. Gangguan kesuburan biasanya terjadi saat tubuh tidak menghasilkan luteinizing hormone (LH) dan follicle-stimulating hormone (FSH) yang cukup untuk melakukan proses ovulasi. Biasanya, terapi hormonal yang diberikan akan merangsang pertumbuhan dan perkembangan sel telur. Hormon ini dapat diberikan dalam bentuk pil maupun suntikan.


Mengobati Gangguan Pertumbuhan Pada Anak

Source: Pinterest

Gangguan pertumbuhan dapat terjadi akibat tubuh anak kekurangan hormon pertumbuhan (human growth hormone). Rendahnya hormon tersebut dapat disebabkan oleh kondisi medis atau penyakit tertentu, seperti lahir dengan berat badan rendah, sindrom Turner, atau sindrom Prader-Willi. Terapi hormonal dapat digunakan untuk mengobati gangguan pertumbuhan yang disebabkan kekurangan hormon pertumbuhan, contohnya terapi hormon HGH sintetis untuk meningkatkan hormon pertumbuhan.


Meski kegunaanya sangatlah bermanfaat, Sobat Glamours harus berhati hati dengan efek samping dari terapi hormonal tersebut. Beberapa efek samping tersebut adalah mual, sakit kepala, sakit perut, malaise atau rasa tidak enak badan, perut kembung, diare, perdarahan vagina, dan payudara bengkak. Biasanya, efek samping ini akan sembuh dengan sendirinya setelah 3 bulan pengobatan. Selamat mencobanya!


Comment

Similar Post You May Like

Lokasi

Alamat: Jl. Kancra No 37, Buahbatu, Bandung 40262
(022) 7324011
09:00-17:00

Media Partner