Berikut Menu Hidangan Untuk Lebaran Idul Fitri 2022

Wpfreeware 2022-04-25 06:10:59 Kuliner


Source: Pinterest

Lebaran Idul Fitri merupakan hari raya yang ditunggu-tunggu oleh umat islam. Tidak hanya suasana hari raya yang hangat dan waktu berkumpul untuk keluarga, namun karena berbagai macam hidangan yang mampu mempersatukan nya. Berbagai tradisi pun dilakukan di hari raya ini, seperti berbagi THR, sungkeman dan bermaaf-maafan, berkunjung ke makam keluarga, berkunjung ke rumah saudara, dan menyantap kuliner bersama keluarga.


Saking melekatnya, beberapa hidangan kuliner pun turut menjadi menu wajib yang tak boleh absen di momen spesial Lebaran. Berikut menu hidangan yang selalu hadir saat lebaran Idul Fitri. Simak dibawah ini Sobat Glamours!


Ketupat

Source: Pinterest

Ketupat adalah makanan ikonik yang identik dengan lebaran idul fitri. Bahkan makanan tersebut kerap dijadikan ikon dan lambang untuk perayaan Idul Fitri. Ketupat merupakan salah satu hidangan lebaran terbuat dari beras yang dikukus dengan waktu yang cukup lama. Rasa yang dimiliki oleh ketupat gurih dan tawar, sedangkan tekstur yang dihasilkannya adalah lembut dan padat. Ketupat ini biasanya disantap dengan opor ayam dan rendang.


Opor Ayam

Source: Pinterest

Opor ayam merupakan menu makanan berat yang selalu ada saat lebaran, berbagai macam jenis opor yang biasa dihidangkan, beberapa diantaranya opor ayam kuah kental, opor ayam kuah kuning, opor ayam kuah santan, opor ayam santan kering, dan masih banyak lagi. Makanan berkuah satu ini umumnya disantap bersamaan dengan ketupat. Keduanya bahkan telah menjadi perpaduan yang wajib dikonsumsi saat hari raya Idul Fitri.


Rendang

Source: Pinterest

Selain opor ayam, rendang juga biasanya selalu hadir untuk melengkapi suasana Idul Fitri. Bahkan sebagian orang memilih untuk membuat rendang daripada opor ayam, hal tersebut disebabkan karena bosan dengan opor tersebut. Rendang bisa dibuat dari daging sapi, ayam, paru, jamur, dan bebek. Proses memasak rendang memang memakan waktu berjam-jam (biasanya sekitar empat jam) hingga yang tinggal hanyalah potongan daging berwarna hitam pekat dan dedak.


Sambal Goreng Kentang dan Ati

Source: Pinterest

Sebagai masyarakat Indonesia, hidangan kuliner tentu belum lengkap tanpa adanya cita rasa yang pedas. Karena itu, sambal goreng kentang ati menjadi salah satu hidangan pelengkap yang wajib masuk dalam daftar. Sambal goreng kentang ati merupakan perpaduan antara kentang dan ati ampela yang dipotong dadu, lalu campurkan dengan bumbu dan cabai. Hidangan satu ini juga biasanya dilengkapi dengan petai untuk menambah cita rasa dan aroma yang menggugah selera.


Itulah beberapa menu hidangan yang selalu hadir saat lebaran Idul Fitri. Bagaimana nih, Sobat Glamours juga membuat menu hidangan tersebut bukan?

Comment

Similar Post You May Like