Berdiri Memiliki Banyak Manfaat Untuk Kesehatan Tubuh, Sudah Tahu?

Wpfreeware 2022-04-09 11:00:00 health


Source: Pinterest

Tahukah Sobat Glamours? Berdiri merupakan sebuah aktivitas yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh lho. Mulai dari membakar kalori, memperbaiki postur tubuh, hingga menyeimbangkan kadar gula darah pada tubuh kita. Meski demikian selain berdiri, anda juga harus tetap olahraga secara rutin dan menjaga pola makan. Kombinasi tersebut sangatlah ampuh dalam proses membakar kalori tubuh.


Meski tergolong kedalam aktivitas fisik yang ringan dan sederhana, tapi jangan sepelekan manfaatnya. Berikut adalah sederet manfaat yang bisa Sobat Glamours dapatkan dengan berdiri. Yuk simak dengan baik!


Menurunkan Risiko Obesitas

Source: Pinterest

Meski olahraga tetap menjadi cara paling efektif untuk mencegah obesitas, berdiri juga bermanfaat untuk mengurangi risikonya. Hal tersebut disebabkan karena aktivitas tersebut membantu Anda membakar lebih banyak kalori ketimbang duduk seharian. Menurut sebuah penelitian kecil di Inggris pada 2014, jumlah kalori yang terbakar saat berdiri setidaknya 170 kkal lebih banyak dibandingkan saat duduk.


Menjaga Kestabilan Gula Darah

Source: Pinterest

Faktanya berdiri selama 180 menit usai makan siang terbukti menurunkan gula darah 43% lebih banyak daripada duduk dengan durasi yang sama. Manfaat tersebut bahkan diperoleh tanpa menambah aktivitas fisik lain seperti berjalan kaki. Sementara itu, terlalu sering duduk bisa meningkatkan risiko diabetes tipe 2. Kebiasaan ini dapat meningkatkan risiko resistensi insulin, yakni saat sel-sel tubuh tidak merespons insulin dengan baik sehingga gula darah menjadi tinggi.



Memperbaiki Postur Tubuh

4 Cara Hindari Efek Buruk Akibat Berdiri Terlalu Lama

Source: Pinterest

Manfaat berdiri lainnya adalah mampu memperbaiki dan membentuk postur tubuh Anda. Ketika berdiri, Anda menguatkan otot punggung, otot pinggang, dan otot penting lainnya yang menjaga tubuh tetap tegap. Sebaliknya, duduk terlalu lama justru membuat gerak tulang belakang menjadi lebih kaku. Kebiasaan ini juga membuat otot dada, bahu, dan leher menjadi tegang sehingga mudah pegal-pegal.



Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

11 Ciri-ciri Penyakit Jantung di Usia Muda yang Harus Diwaspadai

Source: Pinterest

Penyakit jantung dijuluki sebagai silent killer karena dapat menyebabkan kematian mendadak. Tidak mudah untuk mencegah penyakit jantung, tapi Anda bisa mengurangi risikonya semudah dengan membiasakan berdiri. Seperti halnya olahraga kardio, berdiri membantu membakar kalori serta menurunkan gula darah, kolesterol, dan berat badan yang berlebih. Semuanya merupakan faktor penting dalam menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.


Comment

Similar Post You May Like