Berikut Fakta Tentang Ketombe Yang Wajib Anda Ketahui!

Wpfreeware 2022-04-06 11:39:20 health


Source: Pinterest

Ketombe merupakan salah satu masalah rambut yang kerap kali mengganggu penampilan dan kesehatan rambut. Ketombe berbentuk kulit mati pada kepala yang berwarna putih atau kuning, dan akan membuat Anda sering merasa gatal. Pasalnya banyak sekali yang beranggapan ketombe disebabkan oleh kulit kepala yang kering. Namun ternyata itu hanyalah mitos belaka.


Banyak sekali mitos yang beredar mengenai ketombe. Oleh karena itu, Sobat Glamours harus berhati-hati, agar tidak percaya pada mitos-mitos tersebut  dan mencari solusi yang salah untuk mengatasinya. Untuk mengetahui fakta perihal ketombe, yuk simak penjelasan berikut ini!


Kulit Kepala Kering Bukan Penyebab Ketombe

Ketahui Penyebab Rambut Rontok di Usia 30 Tahun | Popmama.com

Source: Pinterest

Saat kulit tubuh kering bahkan hingga menimbulkan sisik, hal pertama yang Anda lakukan adalah melembabkan dan menutrisi kulit yang kering tersebut. Namun berbeda dengan kulit kepala yang berketombe, hal tersebut disebabkan oleh terlalu banyak minyak yang diproduksi oleh kulit kepala. Maka dari itu melembabkan bukanlah solusi yang tepat untuk mengobatinya.


Menurut seorang dokter kulit Los Angeles, Jessica Wu, M.D., ada kesalahpahaman umum bahwa ketombe disebabkan oleh kekeringan. Pada kenyataannya, itu biasanya karena pertumbuhan berlebih dari ragi yang tidak berbahaya. Pada beberapa orang, ragi mulai memakan minyak berlebih dan sel-sel kulit mati di kulit kepala, menyebabkan sel-sel kulit lebih sering meluruh dan menggumpal menjadi serpihan. Itulah proses terjadinya ketombe. 


Sering Mencuci Rambut Adalah Solusi

Source: Pinterest

Mencuci rambut atau keramas tiap hari akan membuat Anda menghilangkan minyak alami pada kulit kepala dan rambut, sehingga menyebabkan iritasi. Namun, ketombe menimbulkan masalah sebaiknya. Perlu diketahui, terlalu jarang keramas hanya akan memperburuk ketombe.


Hal tersebut menyebabkan lebih banyak minyak dan sel-sel kulit mati menumpuk di kulit kepala. Mereka akan terus menjadi makanan ragi dan jamur. Oleh karena itu, mencuci rambut dengan sering dan rutin akan membuat Anda terhindar dari ketombe.


Bersisik dan Gatal Bukan Berarti Ketombe

Serba Serbi Psoriasis Kulit Kepala - Okadoc

Source: Pinterest

Jika Anda tidak melihat perbaikan setelah mencuci rambut selama satu atau dua minggu dengan shampo anti ketombe, mungkin itu bukanlah ketombe. Seseorang yang mengira ia berketombe bisa saja sebenarnya mengalami psoriasis atau peradangan kulit. Beberapa perawatan rambut dan produk tertentu dengan bahan kimia keras, dapat menimbulkan reaksi alergi atau sensitivitas yang mengeringkan kulit kepala. Jadi, bersisik dan gatal yang anda alami merupakan psoriasis bukan ketombe.


Tidak Bisa Sembuh, Bisa Dikendalikan

3 Resep Masker Jahe Rumahan Untuk Rambut Lebih Sehat dan Indah

Source: Pinterest

Kemungkinan besar masalah ketombe akan terus berulang siklusnya, sehingga sulit untuk sembuh bahkan cenderung tidak bisa disembuhkan. Namun, Anda tidak perlu menunggu ada ketombe untuk mulai merawatnya. Kamu bisa mengambil tindakan pencegahan untuk menghindari peningkatan ketombe, dan juga mengurangi ketombe yang Anda miliki jika telah memilikinya.


Itulah beberapa fakta perihal ketombe yang harus Sobat Glamours ketahui, agar benar dalam mengobatinya!

Comment

Similar Post You May Like