Tugu Perjuangan Bandung Timur, Kenang Aksi Heroik Para Pahlawan!

Wpfreeware 2022-04-04 15:21:59 Ngebandung


Source: Google Image

Tugu Perjuangan Bandung Timur merupakan sebuah tugu yang dibangun oleh perintah pada saat peringatan hari pahlawan. Tugu tersebut merupakan sebuah simbol untuk mengenang jasa para pahlawan yang berjuang dalam kedaulatan kemerdekaan. Tepatnya, tugu ini dibangun sebagai pengingat kepada masyarakat Kota Bandung bahwa telah terjadi peristiwa bersejarah di tempat ini di Bandung Timur.


Pada 76 tahun lalu, tempat yang dibangun menjadi tugu pahlawan ini, memiliki sejarah singkat yaitu terjadi pertempuran sengit melawan para penjajah. Para pejuang dengan gagah berani dan heroik mempertahankan Bandung dari penjajah. Bahkan para pahlawan rela mengorbankan jiwa raga untuk melawan penjajah. Maka dari itu tugu pahlawan ini berlokasi di Bandung Timur.


Peristiwa besar tersebut menyebabkan gugurnya  21 pejuang dan pahlawan kita yaitu Pasukan Hizbullah dan Pasukan Istimewa. Hal tersebut diakibatkan oleh kekejaman para penjajah Belanda yang menembaki para pejuang saat sedang beribadah Shalat tepat di belakang tugu saat ini. Semua pahlawan dulunya, dimakamkan di tempat ini. Namun sekarang setelah dipindah, dan untuk mengenang jasa mereka, maka dibangunlah Tugu Perjuangan Bandung Timur sebagai simbol penghormatan.


Tugu Perjuangan Bandung Timur diresmikan oleh Wali Kota Bandung Oded M Danial, disaksikan para pejuang yang tergabung dalam Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI). Tugu berbentuk piramid berdiri di atas tanah sekitar 4 x 4 meter. Pada tugu itu terdapat gambar para pejuang menenteng senjata. Sementara di bagian atas tugu, ditancapkan bendera merah putih.


Tugu ini memiliki empat sisi penjuru yang melambangkan beberapa kejadian, kejadian tersebut disebut dengan Peristiwa 21 pejuang yang gugur. Tugu yang dihiasi beberapa gambar tersebut memiliki arti visual terkait peristiwa bersejarah yang terjadi di Bandung timur, seperti peristiwa di Pangaritan, Buah Batu, Gedebage, sampai Arcamanik. Sentral Peristiwa 21 tersebut terjadi di Cipadung.


Visual petani, pejuang, dan sawah yang menceritakan pertempuran di Pangaritan. Karena disana merupakan gudangnya beras untuk para Pejuang. Disebutkan juga dalam sejarah, ada Leuit atau lumbung Padi yang dihancurkan oleh penjajah Belanda. Sejarah Peristiwa 21 tersebut dikatakan sebagai rentetan sejarah Bandung Lautan Api.

Comment

Similar Post You May Like

Lokasi

Alamat: Jl. Kancra No 37, Buahbatu, Bandung 40262
(022) 7324011
09:00-17:00

Media Partner