Yuk Kenali Laktosa, Jenis Gula Yang Terdapat Pada Susu!

Wpfreeware 2022-04-02 10:11:54 health


Source: Pinterest

Laktosa adalah komponen utama yang ada secara alami pada susu sapi, susu kambing, dan ASI. Secara struktur kimia, komponen ini terdiri dari gabungan dua jenis gula sederhana (disakarida), yakni glukosa dan galaktosa. Meski Glukosa banyak ditemukan pada jenis makanan lain. Akan tetapi, galaktosa hanya ada pada produk susu.


Susu kambing atau sapi, sering digunakan sebagai bahan dasar untuk pembuatan susu kemasan, keju, yoghurt, dan es krim. Meski begitu, tidak semua produk susu ini mengandung jumlah laktosa yang sama. Mereka memiliki kadar gula yang bermacam macam. Selain itu laktosa ternyata memiliki segudang manfaat. Yuk Sobat Glamours simak manfaat gula alami pada susu berikut ini!


Pembuatan Obat

Jangan Salah Minum Obat, Ini Cara Kenali Jenis Obat dan Manfaatnya

Source: Pinterest

Laktosa banyak digunakan dalam industri farmasi dalam persiapan dan pembuatan obat-obatan. Diperkirakan 60-70% bentuk obat, mengandung komponen ini. Beberapa sediaan obat ada juga yang mengandung 45% kombinasi gula susu dengan selulosa mikrokristalin (MCC).


Gula susu digunakan untuk membantu mengirimkan bahan aktif dalam tubuh dari tablet, kapsul, atau inhaler serbuk.Selain itu, gula susu dapat mengikat bahan aktif yang terkandung di dalam obat dan membuatnya lebih mudah larut dan mudah dicerna saat mengkonsumsi obat tersebut.


Pengemasan Makanan

5 Tips Memaksimalkan Proses Produksi Pabrik Makanan & Minuman di Indonesia  - KNIC

Laktosa bisa digunakan dalam bumbu atau makanan yang dipanggang agar warna dan rasa makanan tetap baik setelah melewati proses pengolahan. Es krim, krim kopi, coklat, permen, serta makanan kaleng juga ditambahkan gula susu sebagai penambah rasa manis. Di samping itu, laktosa digunakan dalam proses fermentasi makanan, seperti kefir dan yoghurt. Hasil fermentasi gula susu juga kerap kali ditambahkan untuk produk kosmetik.


Manfaat Untuk Kesehatan Tubuh

Ingin Tubuh Tetap Sehat dan Bugar? Olahraga Saja - Info Sehat Klikdokter.com

Source: Pinterest

Tubuh Anda membutuhkan energi agar bisa melakukan berbagai aktivitas. Nah, energi ini didapatkan tubuh dari zat gizi makanan dan minuman yang dikonsumsi. Proses pengolahan zat gizi menjadi energi tidak hanya terjadi begitu saja. Tubuh membutuhkan bantuan organ, hormon, dan enzim untuk memecah makanan menjadi bentuk zat gizi yang lebih sederhana. Gula alami dari susu yang dipecah akan menjadi beberapa energi seperti berikut.


  • Menjadi sumber dan cadangan energi bagi tubuh.
  • Membantu menyerap kalsium, tembaga, dan zinc terutama pada bayi.
  • Mendukung fungsi saraf.
  • Menjaga keseimbangan bakteri di usus yang berkaitan dengan sistem kekebalan tubuh.
  • Menjaga Tubuh Agar Tetap Bugar Saat Puasa, Yuk Intip Tips Olahraga 

Comment

Similar Post You May Like