Hilangkan Pahit Dan Bau Pada Rebung Dengan Tips Berikut!

Wpfreeware 2022-03-30 17:00:06 Kuliner


Source: Pinterest

Rebung adalah tunas bambu muda yang bisa diolah menjadi makanan. Sayangnya tidak semua jenis bambu bisa diambil rebungnya, karena beberapa varietas memiliki rebung yang keras, berbulu, dan juga pahit. Meski sudah mendapatkan rebung yang tepat tidak bau dan pahit, namun pengolahan rebung terbilang cukup sulit. Jika tidak diolah dengan benar, rebung akan menghasilkan aroma pesing yang khas dan ada rasa pahit yang tertinggal.


Upaya untuk  mencegahnya, Sobat Glmours bisa ikuti cara mengolah rebung agar tidak bau dan pahit berikut ini!


Buang Lapisan Berserat

Satu Indonesia Nyesel Baru Tahu! Cuma Kunyah Rebung Tiap Hari, Efeknya Bisa  Sembuhkan Penyakit Mematikan Ini Lebih Cepat dari Minum Obat, Nggak Perlu  Lagi Ke Dokter! - Semua Halaman - Sajian Sedap

Source: Pinterest

Rebung memiliki lapisan luar yang berserat dan keras. Lapisan ini umumnya berwarna putih kehitaman, sedikit berbulu, dan berserat. Rasa bau dan pahit akan lebih terasa jika Anda tidak membuang bagian luar tersebut, oleh karena itu untuk mendapatkan rebung yang segar dan tidak berbau buanglah lapisan luar yang ada pada rebung tersebut.


Rendam dan Rebus dengan Garam

Begini Cara Mengolah Rebung Agar Tidak Pahit dan Bau|Glitzmedia.co

Source: Pinterest

Cara sederhana memasak rebung agar tidak bau dan pahit yakni dengan merebusnya terlebih dulu dengan air garam. Proses perebusan dapat dilakukan sekitar 45-50 menit. Sebelum direbus, rebung tak perlu diiris tipis. Cukup potong besar, lalu masukkan ke air mendidih. Cara ini dapat membuat rebung lebih lemas dan empuk saat dimasak kembali.


Setelah proses perebusan selesai, rebung jangan buru-buru diangkat. Diamkan dulu dalam air rebusannya sampai dingin.  Kemudian, rebung dapat dicuci kembali untuk memastikannya bebas dari zat beracun.


Rempah Aromatik

Tips Merebus Rebung agar Tidak Pahit, Tambahkan Satu Bahan Ini

Source: Pinterest

Setelah proses perebusan selesai, rebung sebaiknya dibalut dengan beberapa rempah aromatik yang mampu menghilangkan bau pesing pada makanan tersebut. Beberapa rempah yang bisa anda gunakan adalah jahe, daun salam, dan serai. Untuk menggunakannya, cukup masukkan daun salam, jahe dan serai secukupnya pada rebung yang sedang direbus.


Kukus Rebung

Cara Hilangkan Aroma Tak Sedap Rebung Bambu - MAHI

Source: Pinterest

Selain itu, Anda juga bisa mengukusnya sebagai cara mengolah rebung agar tidak bau dan pahit. Khususnya jika Anda tidak ingin rebung terlalu berair saat diolah, Anda bisa mengukusnya terlebih dahulu. Cuci rebung lalu kukus sampai cukup empuk. Dengan cara ini bau tak sedap dan rasa pahit bisa hilang dengan seketika.

Comment

Similar Post You May Like

Lokasi

Alamat: Jl. Kancra No 37, Buahbatu, Bandung 40262
(022) 7324011
09:00-17:00

Media Partner