Jaga Gizi Pada Makanan Dengan Cara Memasak Berikut!

Wpfreeware 2022-03-30 15:04:24 health


Source: Pinterest

Tahukah Sobat Glamours? Memasak dengan cara yang salah ternyata akan mempengaruhi gizi pada makanan yang Anda olah. Pasalnya, suhu masak yang tinggi bisa mengurangi kandungan gizi, seperti vitamin, folat, dan kalium, pada sayuran. Dengan memperhatikan cara pengolahan, Anda bisa menjaga kandungan gizi dalam makanan dan mendapatkan asupan gizinya dengan lebih optimal. Yuk simak berbagai cara memasak yang baik daan benar berikut ini!


Menggoreng

Tips Menggoreng Enak & Sehat : Okezone Lifestyle

Source: Pinterest

Menggoreng merupakan salah satu cara memasak yang populer. Bahkan olahan makanan kebanyakan berasal dari cara memasak ini. Hal tersebut disebabkan karena metode ini dianggap lebih mudah dan membuat makanan menjadi lebih enak dan gurih. Namun tidak semua jenis makanan cocok untuk digoreng.


Ketika minyak dipanaskan sampai suhu tinggi dalam waktu lama, zat beracun aldehida akan terbentuk. Aldehida ini mampu meningkatkan risiko kanker dan penyakit lainnya. Tips menggoreng makanan yang sehat adalah jangan terlalu lama menggorengnya dan gunakanlah api yang kecil atau sedang, pastikan juga Anda menggunakan minyak yang sehat untuk menggoreng.


Memanggang

Ini Suhu Tepat untuk Memasak Daging | Republika Online

Source: Pinterest

Salah satu cara memasak ini cukup populer karena memberikan kenikmatan rasa yang khas pada makanan.Memanggang makanan juga disebut lebih baik ketimbang menggoreng makanan. Sayangnya, 40% dari vitamin B dan mineral yang terkandung pada daging yang dipanggang akan hilang.Selain itu, ada kekhawatiran tentang kandungan hidrokarbon aromatik polisiklik (PAH) yang berpotensi sebagai zat penyebab kanker.


Menumis

Tak Melulu Baik, Ternyata Menumis Bisa Berbahaya Bagi Kesehatan |  kumparan.com

Source: Pintereset

Memasak dengan cara ditumis hanya membutuhkan waktu yang sebentar dan menggunakan sedikit minyak. Secara umum, metode menumis juga termasuk cara sehat untuk menyiapkan makanan. Karena dapat meningkatkan penyerapan vitamin yang larut dalam lemak, beberapa senyawa lainnya, dan antioksidan. Usahakan untuk menggunakan minyak yang sehat seperti minyak zaitun untuk mencegah peningkatan kadar kolesterol dalam jumlah besar.


Merebus

6 Cara Merebus Kentang Agar Cepat Empuk, Lembut dan Mudah Dikupas

Source: Pinterest

Merebus makanan adalah cara memasak yang lebih sehat dibanding menggoreng, dengn catatan tidak dilakukan terlalu lama. Sayuran umumnya mengandung banyak sekali vitamin C. Sayangnya, vitamin akan hilang dalam jumlah banyak jika dimasak dalam air yang terlalu panas dan dalam waktu yang lama. Oleh karena itu, sayuran sebaiknya direbus dalam waktu yang sebentar.


Mengukus

Bisnis Dimsum, Balik Modal dalam Waktu Enam Bulan - Tribunnews.com Mobile

Source: Pinterest

Mengukus adalah salah satu metode memasak terbaik untuk menjaga nutrisi termasuk vitamin yang larut dalam air dan yang sensitif terhadap panas. Menggunakan metode mengukus memang dianggap membuat makanan menjadi hambar. Namun, Anda bisa menambahkan sedikit bumbu masak agar lebih nikmat. Saat memasak sayuran dengan cara mengukus, sebaiknya sayuran masih tampak hijau dan masih renyah saat digigit.

Comment

Similar Post You May Like

Lokasi

Alamat: Jl. Kancra No 37, Buahbatu, Bandung 40262
(022) 7324011
09:00-17:00

Media Partner