Tingkatkan Kesehatan Mental Dengan Art Therapy!

Wpfreeware 2022-03-27 12:16:28 health


Source: Pinterest

Art therapy atau terapi seni adalah salah satu jenis psikoterapi yang menggunakan seni sebagai media utamanya. Hal ini bukan merupakan media baru bagi terapi gangguan kesehatan mental dan psikologis. Ada berbagai jenis art therapy dengan metode bermacam-macam mulai dari terapi tari, terapi drama, terapi musik, terapi menulis, dan terapi kelompok suportif ekspresif.


Art therapy bisa dilakukan oleh pasien dari segala usia, baik anak-anak, remaja, orang dewasa, hingga lansia. Pasien yang membutuhkan art therapy biasanya mengalami beberapa keadaan atau kondisi tertentu seperti stress, memiliki trauma, gangguan mental, dan kecanduan obat-obatan. Pada umumnya setelah melakukan terapi seni, pasien akn membaik secara berangsur.


Kreatifitas akan membantu seseorang untuk memahami dirinya sendiri lebih dalam dan mengidentifikasi pikiran serta perasaannya yang mungkin mempengaruhi perilakunya. Hal tersebut didukung dengan emosi, pikiran, dan perilaku yang saling memiliki keterkaitan satu sama lain, sehingga membuat metode ini akan maksimal untuk kesehatan mental.


Selain itu, terapi seni akan membuat seseorang lebih tenang dan rileks. Inilah alasan mengapa perasaan akan jauh lebih baik setelah menjalani terapi seni. Selain itu, beberapa manfaat lain yang bisa diperoleh dari terapi ini adalah:


  • Meningkatkan rasa percaya diri
  • Meningkatkan harga diri
  • Mengembangkan kesadaran diri
  • Mengidentifikasi emosi
  • Meningkatkan suasana hati dan pikiran yang positif
  • Meningkatkan keterampilan sosial

Berbagai penelitian menyatakan bahwa terapi seni akan mengurangi tekanan psikologis, mengurangi gejala trauma, dan menurunkan tingkat depresi. Bahkan, terapi ini juga dapat mendukung keberhasilan pengobatan penyakit dan berdampak positif pada orang dengan disabilitas.


Kendati demikian, terapi seni ini tidak terlalu efektif untuk beberapa jenis kesehatan mental seperti contohnya skizofrenia. Perlu penelitian lebih lanjut untuk dapat menjadikan media terapi seni sebagai pengobatan yang akurat pada skizofrenia dan beberapa jenis kesehatan mental lainnya.


Nah, itulah Sobat Glamours beberapa informasi tentang art therapy yang perlu Anda ketahui. Seni bukan hanya sekadar hiburan, tetapi juga bisa dimanfaatkan sebagai terapi untuk mengatasi berbagai tekanan psikologis dan gangguan kesehatan mental.

Comment

Similar Post You May Like