Hindari Bau Amis Pada Olahan Ikan Dengan Tips Berikut!

Wpfreeware 2022-03-26 15:31:26 Kuliner


Source: Pinterest

Olahan ikan adalah olahan yang sangat tricky, hal tersebut disebabkan oleh bau amis yang tidak sedap jika salah dalam mengolahnya. Pasalnya Ikan yang segar sebenarnya tidak memiliki bau amis. Ketika masih berusia maksimal 2 hari setelah ditangkap, ikan cenderung tidak berbau atau memiliki aroma yang manis. Namun, jika ikan sudah Anda simpan selama beberapa hari di freezer kemungkinan mulai berbau amis.


Oleh karena itu, untuk pengolahannya harus sedikit ekstra untuk menghilangkan bau amis tersebut. Salah satu upaya untuk menghilangkan bau tersebut adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami. Ini dilakukan agar rasa ikan tidak berubah setelah menggunakan bahan-bahan penghilang bau amis tersebut. Yuk Sobat Glamours langsung saja simak tips berikut!


Membersihkan Ikan Dengan Baik

Kesalahan Mencuci Bahan Makanan yang Paling Sering Dilakukan - Beauty  Journal

Source: Pinterest

Sebelum menghilangkan bau amis, mencuci bersih ikan adalah hal yang wajib. Hal itu dapat membantu pencegahan bakteri bakteri yang ada agar tidak berkembang dan membuat ikan membusuk. Apabila ikan yang akan Anda gunakan adalah ikan utuh, bersihkan ikan dengan baik, terutama bagian hitam yang biasa terlihat di atas ikan setelah kepalanya dipotong. Bisanya bagian inilah yang biasa membuat ikan berbau amis. Tidak lupa bersihkan juga sisik ikan secara menyeluruh.


Baluri Bahan Asam

Source: Pinterest

Bau amis dapat hilang jika kita membaluri ikan dengan perasan jeruk nipis dan lemon. Marinasi ikan dengan air dari jeruk nipis dan lemon, masukkan ke dalam kulas tunggu hingga 20-25 menit. Jika Anda tidak memiliki lemon dan jeruk nipis, bisa diganti dengan belimbing, cuka dan daun jeruk dengan cara yang sama. Usahakan air marinasi menyerap pada ikan dengan sempurna, agar bau amis tersebut hilang.


Garam Dan Rempah

Source: Pinterest

Selain membuat ikan lebih lezat, garam juga mampu mengurangi bau amis pada ikan. Pasalnya garam memiliki kandungan antibakteri yang juga dapat membersihkan ikan. Apalagi jika diberi tambahan rempah-rempah yang wangi serta dapat menyedapkan. Anda dapat menambahkan jahe, kencur, asam jawa, ataupun temu kunci untuk mengurangi bau amis ikan. Jika ingin lebih sedap buat saja bumbu halus untuk memarinasi ikan tersebut..


Susu

Dilarang Makan Ikan Sambil Minum Susu? | Konsultasi Agama dan Tanya Jawab  Pendidikan Islam

Source: Pinterest

Perlu Anda ketahui, susu memiliki protein yang dapat mengikat senyawa yang menyebabkan bau amis pada tubuh ikan. Dengan merendam ikan menggunakan susu, anda akan mendapatkan ikan tanpa bau amis, tampilan daging yang jauh lebih cerah, serta rasa daging ikan yang lebih manis ketika sudah diolah. Jangan ragu untuk merendam ikan menggunakan susu, karena nyatanya susu tidak hanya menghilangkan bau amis saja tetapi membuat ikan menjadi lebih enak.


Comment

Similar Post You May Like

Lokasi

Alamat: Jl. Kancra No 37, Buahbatu, Bandung 40262
(022) 7324011
09:00-17:00

Media Partner