Yuk Kenali Perbedaan Eczema dan Psoriasis Serta Penyebabnya!

Wpfreeware 2022-03-22 15:00:05 health


Source: Pinterest

Penyakit kulit yang umumnya terjadi pada kulit tubuh kerap kali dikaitkan dengan eczema dan psoriasis. Meski dengan gejala yang sama kulit gatal dan kemerahan penyakit kulit tersebut belum tentu eczema atau psoriasis. Kebanyakan orang belum memahami perbedaan keduanya, bahkan bagi Anda yang pernah mengalaminya. Perlu diketahui, inilah beberapa perbedaan dasar yang sebaiknya Anda pahami tentang kedua kondisi kulit ini.


Berikut perbedaan eczema dan psoriasis secara umum dan penyebabnya, simak dengan baik Sobat Glamours!


Eczema

Source: Pinterest

Eczema merupakan sebuah penyakit kulit yang biasa disebut dermatitis atopik. Penyakit tersebut akan membuat gangguan kulit kronik atau berlangsung dalam kurun waktu yang lama. Namun biasanya mulai terjadi saat masa kanak-kanak. Kulit pengidapnya akan terasa gatal, tampak kering, pecah-pecah, dan merah. Bahkan lebih parahnya bisa menimbulkan luka dan mengeluarkan cairan dari dalam kulit.


Eczema bisa timbul di berbagai spot pada kulit tubuh kita, seperti pada tangan, pada kaki, pada wajah, pada beberapa lipatan yang ada di tubuh Anda. Eksim yang sering ditemukan adalah pada tangan. Pengidapnya memiliki kulit yang sangat sensitif terhadap berbagai alergen atau iritan seperti bulu hewan, serat kain, cairan pelembab, sabun, atau bahkan air.


Selain itu, Eksim juga sering terjadi pada daerah lipatan kulit, terutama pada bayi. Hal tersebut disebabkan oleh pemakaian popok bayi yang mengakibatkan iritasi kulit. Beberapa bayi yang mengalami kondisi ini karena adanya alergi terhadap bahan pembuatan popok atau tisu basah untuk membersihkan kulit bayi. Eksim atau eczema ini biasanya timbul karena zat pemicu, entah itu alergi atau hal lainnya.


Psoriasis

Source: Pinterest

Berbeda dengan eczema, psoriasis merupakan penyakit kulit yang menyebabkan kondisi kulit menjadi kering, mengelupas, terasa gatal, dan berbedak kemerahan. Umumnya  psoriasis jenis plak merupakan psoriasis yang sering terjadi, dengan ciri khas berupa adanya bercak kemerahan yang sedikit menonjol pada kulit.


Pada awalnya, psoriasis terbentuk dari sebuah benjolan kecil yang terus memburuk dan akhirnya dilapisi oleh sisik-sisik putih, yang membuat kulit tampak bersisik dan mengelupas. Hingga pada akhirnya sisik terus bermunculan dan ditambah dengan efek gatal karenanya. Psoriasis bisa tumbuh di daerah tangan, kepala, dan lipatan lipatan kulit.


Psoriasis yang timbul di tangan biasanya berada pada punggung tangan, buku-buku jari tangan, atau telapak tangan. Jika timbul di kepala, biasanya tumbuh seperti ketombe pada kulit kepala dan leher. Jika tumbuh pada lipatan tubuh, bisa terjadi pada daerah kemaluan, seperti daerah lipatan kulit, ketiak, dan pangkal paha. Biasanya penyebab terjadinya psoriasis disebabkan oleh faktor keturunan dan alergi dari beberapa makanan.

Comment

Similar Post You May Like

Lokasi

Alamat: Jl. Kancra No 37, Buahbatu, Bandung 40262
(022) 7324011
09:00-17:00

Media Partner