Tips Mengolah Ubi Jalar, Praktis dan Higienis!

Wpfreeware 2022-03-18 15:00:07 Kuliner


Source: Pinterest

Makanan indonesia memiliki berbagai jenis macamnya, beberapa diantaranya tumbuh subur ditanah indonesia. Salah satunya yaitu ubi jalar, ubi jalar merupakan makanan indonesia yang termasuk ke dalam jenis umbi-umbian. Dalam makanan ini terdapat kandungan serat yang cukup tinggi. Tidak heran banyak sekali yang mengkonsumsi ubi jalar sebagai makanan diet.


Selain itu terdapat beberapa kandungan lain yang terdapat pada ubi jalar, seperti fosfor, magnesium, vitamin C, dan kolin yang sering disebut sebagai nutrisi serba guna. Kolin membantu penyerapan lemak dalam tubuh hingga mengoptimalkan fungsi otak. Tak heran jika umbi ini sering direkomendasikan untuk ibu hamil dan anak-anak.


Meski demikian pengolahan ubi jalar ini terbilang tricky karena makanan ini cenderung memiliki rasa yang hambar. Oleh karena itu Anda harus mengolahnya dengan lebih kreatif sehingga akan digemari dan diburu oleh keluarga tercinta. Langsung saja Sobat Glamours, simak tips mengolah ubi jalar dengan simple!


Pemilihan Ubi Jalar

Source: Pinterest

Setelah melewati proses penanaman yang panjang, ubi jalar yang sudah dipanen akan dipilih kembali. Ada banyak jenis ubi jalar yang bisa dipilih, mulai dari ubi jalar ungu, ubi jalar putih, hingga ubi Cilembu. Masing-masing memiliki rasa yang khas dan berbeda. Sebelum membeli ubi tersebut, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

  1. Pilih ubi jalar yang masih bertekstur keras atau tidak lembek.
  2. Pastikan ubi tidak mengeluarkan aroma menyengat.
  3. Ukuran ubi dapat mempengaruhi rasa, pilihlah ubi dengan ukuran sedang yaitu segenggaman tangan, karena jika terlalu besar cenderung terasa lebih hambar.
  4. Hindari ubi yang masih bergetah, getah biasanya terdapat pada ubi yang masih muda.
  5. Namun, jangan pula memilih ubi yang terlalu tua karena teksturnya akan sangat keras.
  6. Untuk ubi yang berusia tua biasanya ditandai dengan daging yang berserabut.


Membersihkan ubi jalar

3 Cara untuk Merebus Ubi Jalar yang Benar - wikiHow

Source: Google Image

Langkah selanjutnya yang tak boleh disepelekan adalah proses pembersihan. Jika terlanjur membeli ubi jalar yang bergetah, pastikan untuk membersihkannya dengan menyeluruh. Caranya, potong kedua ujung ubi, gosok perlahan ujungnya untuk membersihkan getah dan cuci di bawah air mengalir.


Jika kamu berencana memanggang ubi beserta kulitnya, jangan lupa untuk membersihkan bagian kulit luar dengan hati-hati. Agar lebih higienis, bersihkan ubi yang masih berselimut kulit menggunakan sikat gigi baru, sehingga terhindar dari bakteri.


Penyimpanan

5 Manfaat Menakjubkan Ubi Jalar untuk Bayi - Nakita

Source: Google Image

Tak hanya proses memilih, penyimpanan ubi jalar juga harus diperhatikan agar tahan lama. Segera keluarkan ubi dari plastik setelah membelinya. Jika tidak langsung dikonsumsi, lap bersih permukaan ubi dengan kain. Letakkan ubi di wadah bersih dengan posisi sejajar agar tidak mudah bertunas


 Munculnya tunas menandakan ubi sudah kurang layak dikonsumsi. Kemudian, simpan di tempat yang sejuk dan tidak lembab. Jauhkan ubi dengan makanan yang punya bau menyengat seperti terasi atau kencur.


itulah beberapa tips untuk mengolah ubi dengan cara yang simple dan bersih. Jangan lupa mempraktikkannya di rumah ya Sobat Glamours!


Comment

Similar Post You May Like

Lokasi

Alamat: Jl. Kancra No 37, Buahbatu, Bandung 40262
(022) 7324011
09:00-17:00

Media Partner