Kenali Sumber Protein Nabati dan Manfaatnya Untuk Tubuh

Wpfreeware 2022-03-17 17:00:03 health


Source: Pinterest

Protein merupakan salah satu sumber nutrisi untuk tubuh. Protein itu sendiri memiliki berbagai jenis, diantaranya protein nabati dan hewani. Kedua protein tersebut memiliki peranan yang penting untuk kesehatan tubuh. Meski demikian peranan protein haruslah seimbang, tidak terlalu berlebihan tidak juga kurang karena akan menimbulkan beberapa penyakit serius untuk tubuh.


Protein nabati merupakan jenis protein yang berasal dari tumbuh-tumbuhan, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Jenis protein ini dapat menjadi pilihan bagi Anda yang menjalani pola makan vegetarian atau tidak mengkonsumsi protein hewani, seperti daging maupun ikan. Beberapa protein hewani bisa didapatkan dari berbagai bahan berikut:


  • Kacang-kacangan
  • Buah dan Sayuran
  • Tahu
  • Tempe
  • Roti Gandum
  • Biji Chia


Selain itu, protein nabati dianggap lebih menguntungkan karena tidak memiliki efek penyakit berat. Maka dari itu protein nabati diklaim menjadi protein yang aman dikonsumsi setiap hari. Ada beberapa manfaat protein nabati perlu Sobat Glamours ketahui, simak berikut ini!


Menjaga Berat Badan

Source: Pinterest

Protein nabati banyak sekali digunakan untuk makanan saat berdiet. Hal ini karena protein nabati mampu menjaga berat badan dengan stabil dan asupan lemak dan kalori yang masuk ke dalam tubuh tidak akan berlebihan. Dengan begitu, makanan berprotein tinggi dianggap baik bagi Anda yang sedang menurunkan berat badan atau ingin menjaga berat badan ideal.


Menurunkan Tekanan Darah

Source: Pinterest

Protein nabati kaya akan asam glutamat yang merupakan salah satu jenis asam amino. Menurut penelitian, senyawa asam glutamat diduga memiliki kemampuan dalam menurunkan tekanan darah. Selain konsumsi protein nabati untuk menurunkan tekanan darah, Anda juga harus mengurangi asupan garam dan makanan berlemak, agar kesehatan tubuh lebih terjaga.


Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Source: Pinterest

Kadar kolesterol dan lemak yang tinggi akan memicu terjadinya penyakit jantung. Sementara itu, protein nabati memiliki kandungan lemak yang sangat rendah sehingga baik untuk menjaga kesehatan jantung. Hal tersebut membuat tubuh terhindar dari penyakit berat, dengan cara menurunkan resiko penyakit jantung melalui protein nabati.


Menurunkan risiko diabetes tipe 2

Source: Pinterest

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa mengkonsumsi protein nabati secara rutin bisa mengurangi kadar gula dalam darah dan meningkatkan fungsi hormon insulin dalam menjaga keseimbangan gula darah. Manfaat ini diduga berasal dari kandungan serat dan antioksidan yang juga tersedia dalam makanan berprotein nabati tinggi.

Comment

Similar Post You May Like