Mengenal Oil Pulling dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Gigi dan Mulut

Wpfreeware 2021-08-06 07:46:19 health

Oil pulling merupakan salah satu pengobatan Ayurveda dari India yang sudah dikenal sejak lama. Ini merupakan teknik kumur-kumur menggunakan minyak nabati seperti minyak kelapa, wijen, dan zaitun. Melakukan berkumur dengan oil pulling dipercaya dan terbukti dapat meningkatkan kesehatan gigi serta mulut. 

Cara kerjanya sama seperti saat menggunakan mouthwash. Karena menggunakan minyak nabati murni, mungkin untuk pertama kali Anda akan merasa aneh dengan sensasinya. Simak berikut ini manfaat menggunakan oil pulling bagi kesehatan mulut!

Mencegah peradangan di gusi

Penyakit Radang Gusi - Gejala, Penyebab, Pengobatan - Klikdokter.com

Terdapat sebuah riset yang menyebutkan jika oil pulling memiliki efek yang serupa dengan chlorhexidine atau larutan antiseptik yang biasa terkandung pada mouthwash untuk mengobati serta mencegah radang gusi. Jadi, oil pulling dapat dijadikan alternatif pengganti mouthwash karena lebih alami.

Mengurangi bau mulut

Cara Cepat Mengatasi Gigi Ngilu dan Bau Mulut

Oil pulling dipercaya dapat membantu mengurangi bau mulut. Kebersihan mulut yang tidak terjadi menyebabkan bau mulut, untuk mengatasinya tidak cukup dengan rutin menyikat gigi. Anda dapat rutin berkumur menggunakan oil pulling karena dapat membantu mengurangi jumlah bakteri penyebab bau mulut.

Menjaga bakteri baik

5 Penyakit Akibat Mulut dan Gigi Tidak Sehat

Kandungan kimia pada mouthwash dapat membunuh bakteri baik pada mulut yang dapat membuat gigi lebih rentan terkena infeksi. Ini tidak akan terjadi ketika Anda menggunakan oil pulling karena dengan kandungannya yang alami akan menjaga bakteri baik pada mulut Anda. 

Membunuh bakteri jahat

Manfaat Minyak VCO, Salah Satunya untuk Menurunkan Berat Badan Lho Halaman  all - Kompas.com

Bakteri jahat di mulut yaitu streptococcus mutans, merupakan bakteri yang dapat menyebabkan plak dan kerusakan gigi. Sebuah penelitian menyatakan jika orang dewasa yang berkumur menggunakan VGO (Virgin Coconut Oil) setiap hari akan terjadi penurunan jumlah bakteri penyebab penumpukan plak dan kerusakan gigi secara signifikan. 

Comment

Similar Post You May Like