Bikin Makanan Enak, Yuk Kenali Bumbu Dasar Dan Kegunaannya!

Wpfreeware 2022-03-16 15:01:10 Kuliner


Source: Pinterest

Indonesia memiliki berbagai jenis rempah, mulai dari lengkuas jahe cikur dan masih banyak lagi. Rempah itulah yang menjadi bahan utama untuk bumbu masak di Indonesia. Bumbu tradisional Indonesia yang berasal dari beberapa rempah membuat masakan Indonesia khas dan berda. Yuk kenali tiga bumbu dasar ini, dan aplikasinya untuk masakan tradisional Indonesia. Simak dibawah ini ya, Sobat Glamours!


Bumbu Putih

Resep Bumbu Dasar Putih oleh Belindch - Cookpad

Source: Pinterest

Bumbu putih merupakan bumbu dasar yang berwarna putih. Bumbu ini merupakan campuran dari beberapa rempah indonesia, diantaranya bawang merah, bawang putih, dan ketumbar. Untuk menambahkan hasil yang gurih, Anda juga bisa menambahkan kemiri. Beberapa resep juga menambahkan jahe dan lengkuas. Tidak lupa dengan gula dan garam agar rasanya lebih kompleks daan enak.


Bumbu putih ini bisa digunakan untuk olahan opor, soto, sayur lodeh, gudeg, tempe bacem dan aneka tumisan. Bumbu ini merupakan bumbu basic yang selalu menyertakan bawang merah dan bawang putih agar aromnya lebih menggugah selera.


Bumbu Merah

Resep Bumbu Dasar Merah oleh lidia lestari - Cookpad

Source: Pinterest

Sama halnya seperti bumbu putih, bumbu merah juga merupakan bumbu basic yang selalu disediakan dirumah untuk membuat suatu hidangan. Bumbu merah merupakan campuran beberapa rempah, diantaranya bawang merah, bawang putih, ketumbar, kemiri, dan Cabe merah atau cabe rawit. Penambahan cabe membuat warna dan rasa bumbu tersebut lebih menarik.


Beberapa makanan yang menggunakan bumbu merah sebagai dasar adalah makanan sambal goreng, balado, urap, rendang, pepes, nasi goreng, sambal bajak, dan gulai. Sesuai dengan makanannya, bumbu merah ini cenderung lebih pedas dari bumbu dasar lainnya, namun untuk Sobat Glamours yang tidak terlalu suka pedas, bisa membuang biji dari cabainya.


Bumbu Kuning

Berikut 4 Resep Membuat Bumbu Dasar Untuk Berbagai Masakan | Indozone.id

Source: Pinterest

Warna kuning pada bumbu dasar masakan ini berasal dari penggunaan kunyit. Bahan penyusunnya mirip dengan bumbu dasar putih, namun ditambah dengan penambahan kunyit yang akan menambah aroma rempahnya. Masakan yang menggunakan bumbu masak ini merupakan masakan-masakan yang memiliki rasa gurih dan berwarna kuning cerah. 


Beberapa makanan yang terbuat dari bumbu kuning adalah nasi kuning, kari, acar kuning, kari ayam, pesmol ikan, pepes, dan ayam goreng. Bumbu kuning memiliki pewarna alami pada kunyit sehingga makanan akan terlihat menarik tanpa pewarna makanan.


Dalam memasak, Anda bisa berkreasi dengan ketiga bumbu dasar tradisional tersebut di berbagai varian masakan. Untuk meracik masakan yang kompleks dan enak, bumbu dasar bisa ditambahkan dedaunan aromatik atau bumbu buatan lainnya. Dengan begitu, Sobat Glamours  bisa menciptakan berbagai masakan yang sangat beragam jumlahnya.


Comment

Similar Post You May Like

Lokasi

Alamat: Jl. Kancra No 37, Buahbatu, Bandung 40262
(022) 7324011
09:00-17:00

Media Partner