Kerap Alami Mulas Namun Tak Kunjung BAB? Yuk Intip Penjelasannya!

Wpfreeware 2022-03-13 12:28:11 health


Source: Pinterest

Rasa mulas adalah sebuah reaksi dari pergerakan usus yang ada dalam sistem pencernaan manusia. Pasalnya rasa mulas terjadi karena akan mengalami buang air besar (BAB). Namun ada pula beberapa masalah kesehatan yang menjadi penyebab perut mulas tapi tidak disertai BAB. Hal tersebut terjadi karena beberapa faktor, mulai dari perubahan pola makan hingga penyakit pada sistem pencernaan. Berikut berbagai kondisi yang perlu Sobat Glamours waspadai!


Perubahan Pola Makan


Pola makan dan gaya hidup ternyata berpengaruh terhadap kesehatan pencernaan. Jika Anda merasa sering mulas namun tidak disertai BAB, tandanya ada yang salah dengan asupan makanan pada diri Anda. Pilihan makanan yang tidak memenuhi gizi seimbang menjadi penyebab perut yang sembelit. Maka dari itu agar pencernaan lebih lancar, isilah menu harian Anda dengan makanan yang beraneka ragam dengan pola makan yang sehat.


Sembelit


Konstipasi atau sembelit merupakan sebuah tanda yang dikirim oleh sistem pencernaan yang bermasalah. Faktor utama penyebab sembelit adalah melambatnya gerak feses di dalam usus sehingga feses lama-kelamaan menjadi keras. Sembelit bisa bertambah parah akibat kurangnya asupan air dan makanan berserat, penyakit pencernaan tertentu, dan kebiasaan menunda BAB.


Hormon Yang Tidak Seimbang


Saat hormon estrogen tidak seimbang, hal ini akan memperlambat proses pengosongan lambung sehingga feses lebih lama berada di dalam usus besar. Hormon estrogen juga mampu membuat otot dasar panggul menjadi lebih lemah sehingga usus lebih sulit mendorong feses keluar dari tubuh. Namun jangan khawatir Sobat Glamours! Hal ini bisa diatasi dengan menambah asupan air dan serat serta mengontrol stres.


Pseudo-obstruksi Usus


pseudo-obstruksi usus adalah kondisi langka dengan gejala yang mirip dengan penyumbatan usus. Meski mirip dengan penyumbatan usus, orang yang mengalami pseudo-obstruksi usus tidak benar-benar mengalami penyumbatan. Gejala justru timbul akibat masalah saraf atau otot-otot yang mengatur gerak makanan, cairan, dan udara di dalam usus.


Kondisi ini biasanya juga menimbulkan kram perut, mual, perut kembung, dan sembelit. Untuk mendiagnosis pseudo-obstruksi usus, dokter perlu melakukan pemeriksaan fisik dan rontgen untuk memastikan bahwa Anda tidak mengalami penyumbatan usus.

Comment

Similar Post You May Like