Waspada Efek Samping Masker Alami Kopi dan Putih Telur

Wpfreeware 2022-03-11 06:21:17 Fashion&beauty


Source: Pinterest

Masker alami kopi dan putih telur merupakan masker yang cukup populer dan direkomendasikan oleh banyak orang. Selain punya kandungan anti-aging, masker ini juga mudah dibuat di rumah. Akan tetapi, penggunaan masker kopi dan putih telur ini tak lepas dari berbagai manfaat dan efek samping. Sehingga memunculkan sedikit perdebatan perihal efek samping tersebut.


Tidak dapat dipungkiri, kopi mengandung kafein yang bekerja sebagai antioksidan sehingga berpotensi melindungi sel kulit dari paparan radikal bebas, seperti ultraviolet. Efeknya, kopi pun dipercaya menunda penuaan kulit. Selain itu, masker putih telur kaya akan protein yang berpotensi menyamarkan tanda-tanda penuaan, seperti mengencangkan kulit, mengurangi kerutan, serta menyamarkan garis halus.


Namun bagaimana perihal efek samping yang jarang diungkap pada kedua masker tersebut. Apa sajakah efek sampingnya? Yuk simak baik-baik efek samping berikut!


Iritasi Kulit

7 Penyebab Kulit Wajah Kemerahan, Apakah Berbahaya? Ini Kata Para Ahli

Source: Pinterest

Tanpa kita sadari bulir-bulir bubuk kopi yang dioles ke wajah ternyata berisiko mengiritasi kulit. Dalam hal ini, efek sampingnya menyerupai penggunaan scrub alami. Butiran bubuk kopi ternyata memiliki tekstur yang terlalu kasar untuk kulit wajah. Sementara itu, mengangkat komedo dengan paksa pun menyebabkan gesekan yang cukup kuat dan memicu iritasi kulit. Saat Anda mengaplikasikannya bisa mengikis lapisan pelindung kulit atau skin barrier tanpa Anda sadari.


Infeksi Kulit

Mengenal Infeksi Jamur Pada Kulit Wajah dan Cara Mengatasinya - Beauty  Journal

Source: Pinterest

Telur mentah yang digunakan untuk masker kopi dan putih telur ini pada dasarnya memang membawa bakteri dan mikroorganisme yang berbahaya. Risiko infeksi akan lebih besar jika cangkang telur masih kotor dan ada sisa feses ayam yang tertinggal. Jika terkena luka akibat gesekan bulir biji kopi, bakteri ini akan menginfeksi luka dan menimbulkan penyakit kulit. Efek samping masker ini membuat luka sulit sembuh.


Berikut efek samping masker kopi dan putih telur yang muncul akibat luka infeksi, yaitu:

  • Kulit membengkak, kemerahan, dan nyeri.
  • Nanah pada kulit.
  • Badan meriang dan demam dengan suhu 38 derajat Celcius atau lebih.
  • Pembengkakan kelenjar getah bening pada bagian dagu bawah, leher, ketiak, atau selangkangan.

Pori-pori Tersumbat

Halaman Unduh untuk Liang Pori Wajah Besar Apa Perlu Kita Buat Abang Brian

Source: Pinterest

Pori-pori tersumbat bisa memicu komedo hingga jerawat. Kondisi ini biasanya muncul akibat minyak berlebih, sel kulit mati, dan kotoran yang menumpuk pada pori-pori. Efek samping masker kopi dan putih telur ternyata bisa memicu pori-pori tersumbat. Tekstur putih telur yang lengket membuat debu dan kotoran lainnya menempel pada struktur kulit terluar. Sehingga membuat komedo terdorong lebih dalam, alih-alih mengangkatnya. masker alami ini justru mendorong komedo lebih dalam.


Menimbulkan Alergi

Ciri-Ciri Alergi Kosmetik Pada Kulit Wajah, Mata, dan Bibir Halaman all -  Kompas.com

Source: Pinterest

Siapa sangka, putih telur mengandung zat pemicu alergi atau alergen yang justru berasal dari proteinnya, yakni ovalbumin. Mengutip studi yang diterbitkan pada buku Animal Models for the Study of Human Disease (2017), kulit yang terpapar ovalbumin memicu reaksi kekebalan tubuh berlebih sehingga menimbulkan dermatitis atopik atau eksim. Jika Anda memiliki riwayat alergi makanan atau alergi kulit, besar kemungkinan Anda tidak bisa menggunakan masker wajah ini.


Comment

Similar Post You May Like

Lokasi

Alamat: Jl. Kancra No 37, Buahbatu, Bandung 40262
(022) 7324011
09:00-17:00

Media Partner