Kenali Jenis Rambut Agar Maksimal Dalam Merawatnya!

Wpfreeware 2022-03-09 14:16:07 Fashion&beauty


Source: Pinterest


Setiap orang memiliki jenis rambut yang bermacam-macam dengan mengenali jenis rambut sendiri menjadi langkah awal agar rambut mendapatkan perawatan yang tepat. Perawatan rambut yang Anda lakukan hanya akan maksimal jika disesuaikan dengan jenis rambut yang dimiliki. Oleh sebab itu, kenali dulu jenis rambut Anda sebelum memilih produk mana yang dapat membuat rambut tampak lebih indah. Yuk Sobat Glamours, kenali empat jenis rambut berikut!


Rambut Lurus


Source: Pinterest

Orang yang memiliki jenis rambut lurus tidak mempunyai pola rambut yang ikal dari bentuk batangnya. Ketebalan atau volume yang berambut lurus juga berbeda-beda pada tiap orangnya. Hal ini bisa ditentukan dari faktor genetik dan bentuk batang rambut seseorang. Selain itu, orang yang memiliki jenis rambut seperti ini berpotensi mempunyai rambut yang berminyak.


Hal tersebut dikarenakan kelenjar minyak tersebar secara merata dari akar ke ujung tanpa adanya gelombang atau ikal yang menghalangi. Sehingga rambut akan cenderung berminyak. Meski demikian, tidak setiap rambut ikal akan berminyak, banyak juga rambut yang kering, bahkan sehat jika dirawat dengan baik.


Rambut Bergelombang



Source: Pinterest

Rambut bergelombang yaitu jenis rambut antara lurus dengan ikal. Umumnya rambut akan terlihat tidak terlalu lurus, tetapi juga tidak terlalu keriting. Tekstur rambut yang satu ini memiliki tiga kategori yang berbeda. Pertama adalah rambut bergelombang yang masih memiliki pola rambut lurus. Jika Anda yang mempunyai rambut tipe gelombang ini, biasanya teksturnya lebih lembut, tetapi rambutnya mudah kusut.


Kemudian selain pola lurus, ada juga rambut bergelombang yang lebih tegas. Jika Dibandingkan dengan rambut bergelombang model lurus, tipe rambut tegas memiliki pola ikal yang berbentuk huruf ‘S’ lebih jelas. Selain itu, rambut tipe ini lebih mudah untuk menjadi keriting dan sulit untuk diatur.


Pernahkah Anda berada di tempat yang sangat lembab dan rambut tiba-tiba berubah bentuk menjadi sangat keriting? Jika iya, artinya Anda mempunyai rambut bergelombang yang lebih tebal. Biasanya, orang yang mempunyai jenis rambut seperti ini akan terlihat pola ikalnya dari hampir dekat dengan puncak kepala hingga ujung rambut. Tetapi sangat sensitif terhadap cuaca lembab yang bisa membuatnya menjadi keriting.


Rambut Ikal


Source: Pinterest


Pada beberapa orang memiliki rambut ikal (keriting) mungkin jadi tantangan tersendiri. Ada yang menganggap bahwa rambut ikal sulit dirawat dan membutuhkan produk khusus. Ada dua tipe rambut ikal, rambut ikal dengan pola yang lebar cenderung memiliki pola ikal yang lebih lebar dibandingkan tipe yang satunya. Selain itu, jarak antara beberapa helai rambut dengan helai lainnya jauh lebih longgar. Akibatnya, rambut mudah kusut ketika disisir.


Kemudian rambut ikal dengan pola yang lebih padat dan bergelombang. Rambut ini memiliki tekstur yang lebih padat dan bergelombang. Hal tersebut dikarenakan pola ikal muncul dari akar dan lebih tebal. Supaya Anda bisa mempertahankan keindahan rambut jenis yang satu ini, mungkin Anda perlu menjaga kelembapan rambut agar tidak terlihat kasar.


Rambut kribo



Source: Pinterest

Coily hair atau yang lebih dikenal di Indonesia sebagai rambut kribo adalah rambut yang memiliki pola ikal yang lebih padat dibandingkan rambut keriting atau ikal. Rambut kribo juga memiliki 3 macam tipe yang berbeda-beda. Biasanya jenis rambut kribo ini cenderung terasa kasar ketika disentuh dan memiliki tingkat kelembaban yang rendah, alias kering.


  • 4A berbentuk S, lebih pendek, tapi padat.
  • 4B menyerupai huruf Z, alias zig-zag dan kepadatannya melebihi tipe 4A.
  • 4C lebih rapuh, mudah kusut, dan sangat kering.


Bagaimana Sobat Glamours? Termasuk jenis manakah rambut Anda?

Comment

Similar Post You May Like

Lokasi

Alamat: Jl. Kancra No 37, Buahbatu, Bandung 40262
(022) 7324011
09:00-17:00

Media Partner