Sekilas Mirip! Yuk Kenali Perbedaan Kue Pancong, Bandros dan Rangi!

Wpfreeware 2022-03-07 12:33:35 Kuliner


Source: Pinterest.id


Kuliner Indonesia memang beragam macamnya, namun tidak menutup kemungkinan adanya persamaan atau kemiripan diantara kuliner satu dengan lainnya. Seperti salah satu jajanan jaman dulu yaitu kue pancong, bandros dan rangi, yang sekilas terlihat mirip. Meski demikian terdapat beberapa perbedaan yang menyebabkan cemilan tersebut diberi nama berbeda. Yuk Sobat Glamours intip apa saja unsur perbedaannya!


Kue Pancong



Source: Pinterest.id

Kue pancong adalah kue tradisional khas betawi yang pada umumnya memiliki banyak topping. Beberapa diantaranya, coklat, greentea, keju, vanila, dan masih banyak lagi. Kue ini terbuat dari campuran tepung beras, santan, garam, gula pasir, dan kelapa parut. Adonan kue pancong ini cenderung lebih kental dan memiliki rasa gurih manis. Dalam segi ukuran, kue pancong serupa dengan bandros, karena memiliki cetakan yang sama persis.


Kue pancong merupakan jajanan yang biasa dijajakan di jalanan, cara pembuatannya terbilang cukup mudah karena sama-sama dipanggang seperti kue lainnya. Dalam segi penyajian, kue ini cukup diletakkan di kertas/ piring sambil ditaburi topping diatasnya. Sederhana dan mudah bukan Sobat Glamours? Untuk yang ingin mengkonsumsinya cukup berkunjung ke beberapa daerah seperti sekolah, alun-alun atau taman yang berada di jakarta dan bekasi.


Bandros



Source: Pinterest.id/Susie Agung

Bandros merupakan jajanan jaman dulu khas sunda, yang paling sederhana dan simple karena hanya mengkonsumsi bandros polos tanpa topping akan tetap terasa enak. Rasa yang dimiliki oleh bandros terbilang cukup balance, namun ada beberapa bandros yang memiliki rasa gurih. Pada umumnya bandros memiliki dua topping, yaitu saus dan taburan gula pasir. 


Bandros ini terbuat dari tepung beras, tepung tapioka, santan, garam, telur dan kelapa parut. Adonannya sedikit lebih cair namun tidak kental juga. Ukuran bandros sama dengan kue pancong karena cetakannya sama. Proses pembuatannya pun dipanggang diatas api kecil dan memiliki tekstur crispy diluar lembut di dalam. Meski demikian jajanan bandros ini sudah terbilang cukup langka dijual dipasaran, maka dari itu banyak yang membuatnya dirumah sendiri.


Rangi


Source: Pinterest.id/vaniaSamperuru

Rangi adalah kue tradisional yang berasal dari betawi, sama halnya dengan kue pancong. Kue ini berbahan dasar tepung sagu atau tepung kanji atau tapioka, garam, dan kelapa parut. Rasa yang dimiliki oleh rangi sedikit lebih manis di atasnya. Meski pengolahannya dengan cara dipanggang namun kue rangi  memiliki cetakan yang jauh lebih kecil dan pendek (tidak cekung dalam) dibanding kue pukis dan bandros. Untuk topping, biasanya rangi disajikan dengan tambahan saus gula merah yang berbentuk jel.

Comment

Similar Post You May Like