5 Tips Mudah Melindungi Paparan Sinar Bluelight

Wpfreeware 2022-03-03 12:09:20 Fashion&beauty

Di masa pandemi ini, hampir seluruh kegiatan yang kita jalani selalu ditemani dengan gadget. Namun ternyata sistem daring yang diterapkan berdampak negatif terhadap kulit Anda. Dalam sebuah penelitian di Jepang ditemukan bahwa HEV, atau blue light yang dipancarkan oleh perangkat elektronik, bisa menembus lebih dalam ke lapisan kulit dibandingkan sinar UV matahari, sehingga membuat kulit menjadi rusak.


Hal ini dikarenakan, blue light berpotensi menghancurkan kolagen melalui stres oksidatif. Bahan kimia di kulit yang disebut flavin menyerap cahaya biru. Reaksi yang berlangsung selama penyerapan itu menghasilkan molekul oksigen yang tidak stabil (radikal bebas) yang merusak kulit. Oleh karena itu, melindungi kulit dari paparan sinar biru ini sangatlah penting. Lantas bagaimana caranya? Simak tips di bawah ini ya, Sobat glamours!


Sunscreen


Dokter kulit berbasis di New York City, Mona Gohara, mengatakan cara terbaik untuk mencegah kerusakan kulit akibat paparan blue light adalah dengan menggunakan sunscreen, baik di luar ruangan maupun di dalam ruangan. Sunscreen yang dibutuhkan adalah mineral sunscreen yang mengandung Titanium Dioxide. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan sunscreen dengan kandungan Iron Dioxide, yang umumnya ditemui dalam tinted makeup product.


Anti Oksidan

Karena sinar biru dapat menghasilkan radikal bebas yang merusak kulit, Anda perlu mengimbanginya dengan produk perawatan yang mengandung antioksidan. Untuk mendapatkannya, carilah beberapa produk skincare yang mengandung bahan seperti Vitamin C, Vitamin E, Niacinamide, Green Tea, Ginseng, Grapeseed Oil, hingga Retinol.


Memperkuat Skin Barrier


Meningkatkan skin barrier atau penghalang kulit, akan mengurangi risiko penuaan dini akibat blue light. Bahan-bahan seperti niacinamide, yang secara aktif membantu sel-sel kulit pulih dari Stress oksidatif dan meningkatkan penghalang kulit. Skincare dengan bahan penguat yang baik lainnya termasuk ceramide, asam lemak, dan asam hialuronat, yang semuanya baik untuk kulit.


Anti Aging


Para ahli menyebutkan bahwa kulit manusia mulai menua sekitar usia 20 tahun, terlebih paparan bluelight yang terus menerus akan menyebabkan kulit wajah Anda mulai kehilangan kolagen. Sehingga para ahli menganjurkan untuk menggunakan produk anti-aging sebagai pencegahan sejak dini. Untuk itu, kamu bisa menggunakan rangkaian produk anti aging untuk mencegah kerusakan karena bluelight.


Screening Tips


Walaupun kebutuhan mengharuskanmu terus menatap layar smartphone, kamu tetap perlu mengistirahatkan matamu sesekali. Cara mudahnya yaitu dengan menerapkan aturan 20-20-20. Artinya, setiap 20 menit sekali, ambil waktu 20 detik untuk melihat di kejauhan dengan jarak 20 kaki atau sekitar 6 meter.


Trik ini bisa membantu mata untuk beristirahat sejenak dan mempersiapkan diri untuk kembali fokus. Setelah menatap layar smartphone selama 2 jam, kamu juga sebaiknya istirahat dulu selama 15 menit sebelum melanjutkan menatap layar lagi.


Gimana Sobat Glamours, simple kan ternyata? Mulai sekarang jangan lupa untuk menerapkan beberapa tips di atas ya, setiap menatap layar gadget. Selamat mencoba!

Comment

Similar Post You May Like

Lokasi

Alamat: Jl. Kancra No 37, Buahbatu, Bandung 40262
(022) 7324011
09:00-17:00

Media Partner