4 Cara Efektif Untuk Membangunkan Tidur

Wpfreeware 2022-02-27 16:05:33 health


Source: Pinterest.id


Sobat glamours kerap kali terlambat akibat tidur yang bablas? Hal tersebut disebabkan karena pola tidur yang acak-acakan. Bagi Anda yang memiliki jam tidur berantakan, sehingga cenderung sulit untuk bangun keesokan paginya biasanya harus menggunakan alarm untuk membangunkannya. Meski demikian suara saja tidak cukup untuk dapat membangunkan orang dengan pola tidur tersebut.


Meski demikian, membangunkan tidur tidak bergantung pada efektifnya suatu cara, namun hanya fokus pada sebuah kecocokan. Karena itu, Anda perlu memahami bagaimana cara membangunkan tidur yang tepat untuk seseorang di depan Anda. Secara umum, berikut beberapa cara yang mungkin bisa Anda coba untuk membangunkan orang tidur!


Cahaya



Source: Pinterest.id

Saat tertidur pulas, sebagian orang akan sensitif terhadap cahaya. Cahaya tersebut bisa melalui lampu atau cahaya langsung dari terik matahari. Bahkan menurut sebuah penelitian cahaya matahari pada pagi hari dapat membantu menekan melatonin, yaitu hormon yang membantu Anda tidur. Dan meningkatkan hormon serotonin yang bisa membuat Anda terjaga. Dengan demikian, memaparkan cahaya pagi bisa menjadi salah satu cara untuk membangunkan orang tidur yang efektif.


Suara



Source: Pinterest.id

Seseorang biasanya tidur dalam keadaan tenang dan sunyi. Adanya suara terkadang bisa mengganggu kepulasan tidurnya. Oleh karena itu, menggunakan suara atau musik sebagai alarm bangun tidur sebagai salah satu cara efektif untuk membangunkan orang yang tidur. Guna mempraktikkan cara tersebut, Anda bisa menggunakan alarm jam atau bunyi-bunyian lainnya seperti bunyi TV yang disetel, atau bahkan suara lembut pasangan yang membangunkan Anda.


Suhu



Source: Pinterest.id

Untuk tertidur dengan lelap, rata-rata suhu yang nyaman adalah suhu normal. Maka wajar adanya jika suhu terlalu rendah atau panas Anda terbangun dan mengalami gangguan tidur. Melansir Sleep.org, suhu ruangan yang optimal untuk seseorang tertidur umumnya berkisar 19-21 derajat celcius. Oleh karena itu, menaikkan atau menurunkan suhu ruangan kamar tidur bisa menjadi salah satu cara untuk membangunkan orang tidur.


Aroma/Bau



Source: Pinterest.id

Menghirup aromaterapi tertentu memang bisa menjadi salah satu cara untuk memperoleh tidur nyenyak. Sama halnya dengan hal tersebut, aroma tertentu dapat membangunkan seseorang dari tidurnya pada pagi hari.


Salah satu yang mungkin bermanfaat, yaitu kopi. Sebuah studi menemukan fakta bahwa menghirup aroma kopi dapat meningkatkan kewaspadaan. Namun, cara ini mungkin tidak efektif pada semua orang. Selain itu, wewangian juga tidak membuat Anda terbangun pada malam hari karena indra penciuman seseorang cenderung melemah pada waktu tersebut.



Bagaimana sobat glamours? Sudahkan menemukan cara untuk mudah terbangun dari tidur yang nyenyak?

Comment

Similar Post You May Like