Kenali Manfaat Rumput Laut dan Kandungan di Dalamnya!

Wpfreeware 2022-02-16 15:33:49 health


Source: Pintereset.id


Rumput laut merupakan makanan yang dapat dikonsumsi dengan berbagai cara, saat masih segar, dikeringkan, dimasak, hingga diolah menjadi suplemen bubuk. Rumput laut itu sendiri merupakan bagian dari keluarga ganggang multi sel yang mencakup ganggang hijau, ganggang merah, serta ganggang cokelat.


Rumput laut telah menjadi primadona untuk bahan obat-obatan, industri, dan makanan karena kandungan gizinya sejak berabad-abad lalu. Masyarakat Asia Timur dan Romawi sejak berabad-abad silam telah merasakan manfaat rumput laut. Tak hanya dikonsumsi sebagai lauk sehari-hari, rumput laut juga dimanfaatkan untuk mempercepat penyembuhan luka, luka bakar, dan ruam kulit.


Yuk Sobat Glamours intip sederet manfaat rumput laut untuk kesehatan tubuh!


Meningkatkan Fungsi Tiroid


Kenali Ragam Jenis Gangguan Tiroid

Source: Pinterest.id

Tiroid punya peranan penting dalam sistem metabolisme tubuh. Untuk menjalankan fungsinya, kelenjar tiroid butuh asupan yodium yang bisa didapat dengan mengkonsumsi rumput laut atau garam beryodium. Kekurangan yodium dapat menyebabkan hipotiroid dan gondokan yang terjadi di bagian leher atau daerah sekitarnya.


Meningkatkan Kesehatan Jantung


Ingin Tahu Kondisi Kesehatan Jantung Anda? Coba Cek 5 Kondisi Berikut

Source: Pinterest.id

Rumput laut merupakan sumber serat larut air yang baik. Rumput laut juga mengandung asam lemak omega-3 serta antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan jantung. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kandungan gizi dalam rumput laut terlihat mampu menurunkan tekanan darah, mengurangi kolesterol jahat (LDL) dan kolesterol total, serta mencegah pembekuan darah.


Menstabilkan Gula Darah


MENGENAL GEJALA GULA DARAH TINGGI - Rumah Sakit Umum Pakuwon

Source:

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pola makan tinggi serat, yang bisa didapat dari sayur, buah, dan rumput laut, bisa membantu memperbaiki kadar gula darah. Senyawa fucoxanthin dan alginat dalam rumput laut diyakini dapat mengurangi resistensi insulin dan menstabilkan kadar gula darah, serta mencegah diabetes tipe 2.


Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh


Cegah Virus Corona dengan Memperkuat Sistem Imun Tubuh - Alodokter

Source: Pinterest.id

Sejumlah penelitian di laboratorium menunjukkan bahwa senyawa antioksidan dan anti-alergi dalam rumput laut memiliki kemampuan untuk menghalangi berbagai virus masuk ke dalam sel tubuh. Meski demikian, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk membuktikan manfaat rumput laut ini pada manusia.


Meningkatkan kesehatan usus


6 Fungsi Usus Besar dalam Pencernaan Makanan Manusia | Orami

Source: Pinterest.id

Kandungan serat dalam rumput laut dapat membantu mencegah sembelit dan memastikan sistem pencernaan berjalan lancar. Rumput laut juga mengandung prebiotik yang menguntungkan untuk usus dan mengurangi risiko infeksi bakteri tertentu yang berbahaya. Karena hal tersebut rumput laut dipercaya dapat menjaga kesehatan usus pada tubuh kita.

Comment

Similar Post You May Like