Tips Dapur: Resep Kue Awug Makanan Tradisional Khas Sunda

Wpfreeware 2022-02-12 00:35:14 resep


Source: Pinterest.id


Awug merupakan cemilan khas sunda yang selalu ada saat merayakan sebuah hajat. Awug terbuat dari tepung beras dan gula merah yang dilumuri saus gula diatasnya. Rasa yang dimiliki awug cukup unik yaitu perpaduan rasa manis dan kenyal lengket dari tepung memanjakan lidah. Untuk Sobat Glamours yang penasaran dengan cara membuatnya, yuk intip resep berikut!


Bahan:

  • 1 1/2 kg tepung beras
  • 500 gram gula aren(sisir)
  • 1 butir kelapa setengah tua(parut)
  • 500 ml air (untuk air garam)
  • 3 lembar daun pandan
  • 2 sdt garam halus


Langkah:

  1. Siapkan peralatan yang akan digunakan untuk mengukus bahan awug karena awug kue tradisional ini dibuat dengan cara dikukus.
  2. Peralatan tersebut adalah panci panjang dan anyaman kulit bambu bentuk kerucut dalam bahasa sunda, disebut juga dengan aseupan.
  3. Nyalakan api kompor dan panaskan panci panjang. Kemudian letakkan aseupan pada bagian bibir panci dengan menyiramkan air secukupnya ke dalam bibir panci yang sudah tertutup aseupan tersebut. biarkan air dalam seeng tersebut mendidih.
  4. Sementara itu bahan awug berupa tepung beras dan kelapa parut ( ½ dari takaran) dimasukkan ke dalam aseupan, lalu siram tepung beras dan kelapa parut dengan air garam secukupnya.
  5. Aduk sampai tercampur rata, lembab dan membentuk gumpalan kecil. Setelah itu letakkan daun pada pada bagian pinggir aseupan
  6. Selanjutnya sisir halus gula merah dan campurkan pada campuran bahan awug yang telah ada dalam kukusan (biasanya pada bagian tengah awug). Kemudian tutup dengan membuat lapisan baru dari tepung yang masih tersisa sampai aseupan terisi penuh.
  7. Tutup panci dan tunggu sampai awug matang.
  8. Sementara menunggu pengukusan awug selesai, siapkan wadah dengan alas daun pisang lalu angkat awug yang sudah dikukus matang dan tumpahkan pada wadah dengan alas daun pisang.
  9. Kue tradisional manis awug sudah siap untuk dinikmati bersama.

Comment

Similar Post You May Like