Waspada! Berikut 4 Penyakit Lidah Yang Sering Diabaikan

Wpfreeware 2022-02-10 16:05:04 health


Source: Pinterest.id


Perubahan pada lidah bisa mendeteksi kondisi kesehatan kita secara keseluruhan. Namun sejumlah gangguan pada lidah perlu pemeriksaan lebih lanjut. Mengutip dari penelitian American Family Physician, meskipun mudah diperiksa, penyakit lidah juga terkadang menimbulkan dilema diagnostik dan terapeutik bagi dokter. Sehingga sulit membedakan penyakit satu ke penyakit lainnya.


Glositis


KLINIK RESPIRASI. Klinik Dokter THT di Malang, Klinik Dokter Paru di  Malang, Klinik Jantung di Malang, Klinik Dokter Paru di Surabaya, Klinik  Dokter Penyakit Dalam di Malang, Klinik Dokter Gigi di Malang,

Source: Pinterest.id

Glositis adalah kondisi saat lidah mengalami peradangan. Glositis terdiri dari beberapa jenis, tetapi tidak semuanya menyebabkan lidah menjadi sakit. Mengutip dari penelitian American Family Physician, lidah geografis termasuk salah satu kondisi yang bisa membuat lidah terasa sakit pada sebagian orang.

Kondisi ini terjadi saat papila (benjolan kecil di lidah) rata justru digantikan dengan lesi merah dan halus yang dikelilingi oleh garis putih. Hal ini membuat lidah terlihat seperti kumpulan pulau di peta.


Sindrom Mulut Terbakar


Alami Tenggorokan Panas? Cari Tahu Penyebab dan Cara Mengatasinya | Orami

Source: Pinterest.id

Sindrom mulut terbakar adalah kondisi saat mulut terasa panas secara terus-terusan tanpa sebab yang jelas. Dikutip dari Mayo Clinic, kondisi ini memengaruhi semua bagian mulut termasuk lidah, gusi, bibir, pipi bagian dalam, dan langit-langit mulut. Sensasi terbakar yang dirasakan biasanya cukup parah hingga terasa seperti melepuh. Selain rasa sakit dan sensasi terbakar, kondisi ini juga biasanya disertai dengan gejala lain.


Kandidiasis Mulut


Idap Diabetes Melitus Rentan Terkena Oral Thrush

Source: Pinterest.id

Penyakit mulut yang satu ini disebabkan oleh jamur Candida albicans. Penyakit ini dapat hadir di banyak area tubuh tetapi sangat umum pada mukosa mulut dan alat kelamin. Ada sejumlah faktor yang mendasari perkembangan jamur, termasuk penggunaan antibiotik, imunosupresan, dan obat HIV. Penyebab lainnya termasuk gigi palsu, merokok, kortikosteroid, mulut kering, dan diabetes.


Lidah Stoberi


Lidah Bengkak Memerah, Waspada Lidah Stroberi!

Source: Pinterest.id

lidah stroberi merupakan gejala demam berdarah, dinamakan lidah stroberi karena bentuk lidah menyerupai stroberi. Dalam beberapa hari pertama akan muncul lapisan putih tebal di lidah, dengan kemunculan papila merah cerah. Kondisi ini juga mengkonfirmasi diagnosis ketika pasien datang dengan gejala seperti demam, sakit tenggorokan, sakit kepala, muntah dan sakit perut.

Comment

Similar Post You May Like