Menarik, Makanan Pedas Memiliki Sederet Manfaat Untuk Kesehatan Tubuh!

Wpfreeware 2022-01-20 11:59:57 health


Source: Pinterest.id


Tahukah Sobat Glamours jika mengkonsumsi makanan pedas dapat memberikan manfaat? Kebanyakan orang menilai sesuatu hal dari satu sisi, tanpa melihat sisi lainnya yang memiliki perbedaan yang signifikan. Begitu pula dengan makanan pedas, di samping hal yang negatif yang melekat pada makanan tersebut, namun ternyata memiliki hal positif yang jarang dan tidak diketahui banyak orang.


Manfaat dari mengkonsumsi makanan pedas paling banyak didapatkan dari senyawa aktif bernama capsaicin. Karena makanan pedas mengandung capsaicin yang merupakan senyawa aktif unik yang memberi cita rasa pedas dan panas dalam beragam bahan makanan, seperti cabai, paprika, jalapeno, dan lada. Sensasi tersebut disebabkan oleh senyawa aktif capsaicin.


Sobat Glamours pasti penasaran kan apa saja manfaatnya? Yuk simak baik baik!


Menurunkan Berat Badan



Source: Pinterest.id

Untuk yang bingung cara menurunkan berat badan, makanan pedas bisa menjadi solusi nih namun dalam porsi yang masih wajar dan tidak terlalu sering dalam mengkonsumsinya. Pasalnya capsaicin yang umumnya terkandung di sejumlah bahan makanan pedas diketahui dapat membantu meningkatkan proses metabolisme tubuh. Kemudian senyawa ini bisa meningkatkan kemampuan tubuh dalam memecah lemak untuk menghasilkan energi. 


Beberapa penelitian bahkan mengungkapkan bahwa sensasi panas dari capsaicin mendorong stimulasi lemak coklat yang bisa mendorong kinerja metabolisme tubuh melonjak hingga lima persen. Peningkatan kerja metabolisme tubuh akan menghasilkan pembakaran lemak yang lebih optimal, yaitu mencapai 16 persen. Artinya, dengan memakan makanan pedas favorit Anda sama saja dengan kegiatan membakar kalori. 


Selain itu, senyawa capsaicin dalam makanan pedas juga mampu menghambat nafsu makan dan membuat rasa kenyang bertahan lebih lama. Nah, hal-hal inilah yang membuat konsumsi makanan pedas disebut bisa membantu menurunkan berat badan dan menjaga berat badan tetap ideal.


Baik Untuk Kesehatan Jantung




Source: Pinterest.id

Studi menunjukkan bahwa budaya yang paling banyak makan makanan pedas memiliki peluang insiden yang lebih rendah terhadap serangan jantung dan stroke. Alasannya, capsaicin dalam cabai efektif menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh.


Vitamin A dan C yang terkandung dalam cabai memperkuat dinding otot jantung, dan sensasi hangat dari capsaicin dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh dan menyebabkan penurunan tekanan darah akibat pengaruh oksida nitrat dalam capsaicin terhadap pelebaran pembuluh darah.


Selain itu Capsaicin juga dapat membantu mencegah pembekuan darah. Kenyataannya, capsaicin sampai saat ini masih terus diteliti untuk kemampuannya mengatasi masalah sirkulasi darah, pengerasan arteri, dan ritme jantung yang tidak normal.


Menurunkan Resiko Kanker dan Tumor


Jangan Keliru Berikut Perbedaan Tumor dan Kanker yang Sebenarnya

Source: Pinterest.id

Capsaicin yang banyak terkandung dalam bahan makanan pedas, terutama pada cabai, juga diketahui dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker. Capsaicin juga telah dibuktikan dapat mengaktifkan reseptor sel dalam lapisan dalam usus untuk menciptakan reaksi yang bisa menurunkan risiko pertumbuhan tumor dengan mematikan reseptor yang over-reaktif.


Menurut sebuah penelitian, capsaicin juga telah dikaitkan keefektivitasannya terhadap pengobatan kanker payudara, pankreas, dan kandung kemih, namun mengkonsumsinya harus rutin dan jumlahnya cukup banyak. Agar bisa berhasil mengobati kanker dan tumor tersebut, biasanya para penderita mengkonsumsi lima buah cabai habanero dalam seminggu.



Nah, itulah beberapa manfaat kesehatan yang bisa Sobat Glamours peroleh dari mengkonsumsi makanan pedas. Namun, penting untuk diingat, walau manfaatnya memang banyak, tetapi makanan pedas juga tidak disarankan untuk dikonsumsi secara berlebihan, karena akan mengalami gangguan pencernaan sakit perut dan diare.

Comment

Similar Post You May Like