Memiliki Gigi Yang Kuning? Jangan Khawatir Berikut 3 Bahan Alami Untuk Memutihkan Gigi!

Wpfreeware 2022-01-18 09:49:20 health


Source: Pinterest.id


Gigi putih alami didapatkan karena makanan yang baik dan perawatan yang cukup. Ada berbagai macam faktor yang bisa menyebabkan gigi tampak kuning dan kusam, misalnya kebiasaan mengonsumsi makanan atau minuman tertentu, kurang menjaga kebersihan gigi dengan baik, hingga menipisnya enamel gigi seiring bertambahnya usia.


Hal tersebut membuat kita menjadi kurang percaya diri saat berbicara ataupun tersenyum di depat orang-orang. Namun tidak perlu khawatir bila mengalaminya, sebab ada berbagai pemutih gigi alami yang bisa Anda coba. Selain itu pada saat ini banyak sekali bahan pemutih gigi yang dapat dilakukan secara mandiri di rumah dan dijual bebad di pasaran.


Sobat Glamours dapat merubah warna pada gigi dengan berbagai metode pembersihan dan pemutihan gigi secara teratur. Bahkan, Sobat Glamours bisa juga melakukan berbagai perawatan pemutih gigi alami di rumah, seperti beberapa bahan berikut!


Menjaga Kesehatan dan Kebersihan Gigi



Source:

Salah satu langkah utama agar gigi tetap cerah adalah dengan selalu menyiikat gigi secara rutin minimal 2 kali sehari agar gigi tetap bersih dan putih. Kemudian batasi minuman yang bersifat asam dan berwarna pekat, seperti kopi, soda, teh, dan anggur merah. Karena abeberapa minuman tersebut menyebabkan kusamnya gigi dan menjadikan gigi lebih kuning.

Untuk menjaga kesehatannya, batasi asupan gula berlebih, seperti sirop, permen, dan kue, untuk mencegah pertumbuhan bakteri penyebab plak dan pengikisan enamel gigi. Mulailah mengkonsumsi makanan yang kaya akan kalsium, seperti susu, keju, yoghurt, dan brokoli, agar gigi lebih kuat.


Hentikan kebiasaan merokok, karena dapat menyebabkan perubahan warna gigi.

Jika Anda mengonsumsi makanan atau minuman manis dan berwarna pekat seperti di atas, pastikan Anda berkumur atau minum air putih setelahnya untuk mencegah terbentuknya noda pada gigi.


Mengonsumsi Buah



Source: Pinterest.id

Buah merupakan salah satu makanan yang tak diragukan lagi manfaatnya bagi kesehatan tubuh, termasuk gigi. Ada beberapa buah tertentu yang dinilai berkhasiat untuk memutihkan gigi, yaitu yang mengandung asam malat dan tinggi air. Kedua kandungan tersebut berperan dalam menurunkan keasaman mulut, menghilangkan plak, dan menjaga gigi tetap cerah. Pilihan buah yang baik sebagai pemutih gigi adalah, stroberi, apel, nanas dan semangka.



Menggunakan Bahan Alami



Source: Pinterest.id

Beberapa bahan alami juga dapat Anda gunakan sebagai pemutih gigi, misalnya minyak kelapa dan soda kue. Minyak kelapa diketahui dapat meningkatkan kebersihan mulut serta mengurangi bakteri penyebab plak dan gigi kuning. Manfaat tersebut berasal dari kandungan asam laurat di dalamnya.


Anda cukup berkumur menggunakan minyak kelapa selama 10 menit, kemudian keluarkan. Setelah itu, jangan lupa berkumur dengan air putih. Apabila langkah ini dilakukan sehari sekali, gigi lebih putih dan cerah pun dapat Anda peroleh.


Selain minyak kelapa, soda kue juga bisa berperan sebagai pemutih alami yang dapat menghilangkan noda dan plak di permukaan gigi, serta mencegah pertumbuhan bakteri.


Cara memanfaatkan soda kue sebagai pemutih gigi alami pun mudah. Anda hanya perlu mencampur 1 sendok teh soda kue dengan 2 sendok teh air, kemudian aduk hingga teksturnya berbentuk pasta. Selanjutnya, gosok gigi menggunakan pasta tersebut dan berkumur dengan air bersih.


Itulah berbagai cara yang bisa Sobat Glamours lakukan dan gunakan sebagai pemutih gigi alami. Meski berbagai bahan alami di atas diduga efektif untuk memutihkan gigi, masih diperlukan penelitian lebih lanjut terkait keamanan dan efektivitasnya. Selamat Mencoba!

Comment

Similar Post You May Like