Sederet Manfaat Dari Daun Katuk, Si Hijau Yang Menyejukkan!

Wpfreeware 2022-01-15 07:32:37 health


Source: Pinterest.id


Daun Katuk yang mempunyai nama latin Sauropus adrogynus ini merupakan makanan yang terkenal dikonsumsi oleh ibu hamil. Pasalnya daun katuk dipercaya untuk melancarkan asi yang terdapat pada ibu hamil dan ibu menyusui. Namun kandungan nutrisi dan manfaat yang berada pada daun katuk banyak dan beragam, sehingga banyak dikonsumsi dan diburu oleh pecinta kuliner.


Beberapa kandungan yang terdapat dalam daun katuk ialah, sumber vitamin (A, B, dan C), lemak, protein, kalsium, zat besi, dan fosfor, mangan, energi, hidrat arang, abu, karoten, air, pirolidinon, metal piroglutamat dan p-dodesilfenol sebagai komponen minor. Daun katuk juga memiliki kadar klorofil tinggi sehingga dalamnya terkandung antioksidan dalam jumlah besar yang sangat bermanfaat untuk mencegah radikal bebas dan mencegah penuaan dini.


Walaupun daun katuk memiliki sejumlah kandungan yang bagus untuk tubuh, tak sedikit orang yang tidak mengetahui manfaat daun katuk. Untuk Sobat Glamours yang penasaran perihal manfaat dan nutrisi daun katuk, yuk simak baik-baik!


Ibu Menyusui


Tak Perlu Ragu, Vaksin Covid-19 Aman buat Ibu Menyusui

Source: Pinterest.id

Daun katuk adalah makanan ibu menyusui yang populer karena memiliki manfaat untuk memperlancar air susu ibu (ASI). Diketahui bahwa kandungan daun katuk bisa meningkatkan hormon yang mempengaruhi produksi ASI, yakni hormon prolaktin dan oksitosin.


Kedua hormon ini merangsang alveoli payudara untuk menyerap lebih banyak protein, gula, dan lemak dalam darah. Semua nutrisi ini nantinya digunakan untuk memproduksi ASI. Kemudian, jaringan sel yang mengelilingi alveoli akan menekan kelenjar dan mendorong ASI ke saluran yang disebut duktus.



Mengatasi Anemia


Anemia: Pengertian, Penyebab, Ciri-Ciri, dan Cara Mengatasinya - Kelas  Pintar

Source: Pinterest.id

Anemia adalah sebuah penyakit yang dimana tubuh kita kekurangan sel darah merah, sehingga menyebabkan pusing dan kunang-kunang pada kepala yang cukup parah. Namun daun katuk memiliki solusi untuk malasah tersebut, karena daun tersebut memiliki kandungan hampir 7% protein serta 19% serat kasar dimana daun katuk mengandung vitamin K, beta-karoten (pro-vitamin A), vitamin B, C serta zat mineral seperti magnesium, zat besi, kalium dan fosfor, daun katuk memiliki kemampuan untuk mengatasi anemia.


karena mengandung banyak vitamin C yang kandungannya lebih tinggi dari jeruk maupun jambu biji, daun katuk dapat meningkatkan ketahanan tubuh, membentuk kolagen, mengangkut lemak, mengatur tingkat kolesterol, menyebuhkan luka serta meningkatkan fungsi otak.


Menjaga Kesehatan Mata


5 Cara Menjaga Kesehatan Mata


Source: Pinterest.id


Karena mengandungan vitamin A yang tinggi, daun katuk memiliki kemampuan untuk mencegah penyakit mata, meningkatkan pertumbuhan sel, dan menjaga kesehatan kulit. Meskipun tidak berperan dalam menyembuhkan mata minus, namun daun katuk ini dipercaya dapat mencegah penaikan tingkat minus pada mata, oleh karena itu mengkonsumsi daun katuk selalu diiringi dengan wortel yang memiliki peran sama.


Menjaga Kesehatan Tulang


5 Cara Jaga Kesehatan Tulang untuk Pria dan Wanita

Source: Pinterest.id

Karena mengandung kalsium tinggi, daun katuk memiliki kemampuan untuk menjaga kepadatan tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis. Beberapa penelitian membuktikan bahwa kepadatan pada suatu tulang bertambah dan tetap kokoh setelah mengkonsumsi daun katuk secara rutin dengan porsi yang cukup dan takaran dari dokter ahli.


Namun dengan banyaknya manfaat pada daun katuk, sayuran ini memiliki efek samping dimana daun katuk tidak boleh di konsumsi secara berlebihan karena dapat berdampak buruk bagi paru-paru dan mengakibatkan penyakit bronchiolitis permanen karena daun katuk memiliki senyawa papaverine yang merupakan alkolid.


Jika daun katuk dikonsumsi berlebihan, akan menyebabkan keracunan dan bahkan kematian jika daun katuk dimakan secara mentah secara berkelanjutan dalam jumlah yang banyak. Bukankan Sobat Glamours juga faham sesuatu yang berlebihan tidak baik adanya?

Comment

Similar Post You May Like

Lokasi

Alamat: Jl. Kancra No 37, Buahbatu, Bandung 40262
(022) 7324011
09:00-17:00

Media Partner