Tradisi Makan Memakai Sumpit Dari Beberapa Negara Asia!

Wpfreeware 2022-01-12 16:12:10 Kuliner


Source: Pinterest.id


Sumpit merupakan alat untuk memakan makanan yang sejak dulu ada di negara cina. Sumpit ini menyebar ke beberapa Negara di Asia, seperti Jepang, Thailand, Vietnam, Korea dan masih banyak negara lainnya. Kegunaannya memang banyak bermanfaat juga diminati oleh seluruh masyarakat Tiongkok. Hal tersebut disebabkan jika menyantap makanan yang kering, sumpit mudah digunakan dan juga praktis dibawa kemana asaja.


Namun tahukah Sobat Glamours? Setiap negara memiliki tradisi dan aturan berbeda meskipun menggunakan sumpit yang sama. Yuk intip beberapa tradisi tentang sumpit berikut!


Thailand


Di Bangkok, sumpit digunakan untuk memakan mie kering dan mie kuah. Hal tersebut tentunya sudah lumrah seperti kebanyakan negara Asia. Namun jangan salah ada hal yang menarik, di Thailand, sumpit juga dipakai untuk makan bubur yang namanya khao tom gui. Sobat Glamours tentunya bingung bagaimana cara memakan bubur dengan sumpit bukan?


Pasalnya orang-orang Thailand justru lebih sering menggunakan sendok dan garpu, seperti kita di negara Indonesia. Kebanyakan sumpit hanya digunakan untuk mengambil lauk yang kemudian dimakan menggunakan sendok. Di Thailand juga tidak boleh menggigit sumpit atau menggunakannya untuk menusuk makanan seperti pada sate, hal tersebut merupakan larangan mutlak untuk penduduk di sana.


Vietnam


Sedangkan di Negara Vietnam, sumpit merupakan bagian dari budaya dan tradisi yang dijaga. Tradisi memakai sumpit mengajarkan orang Vietnam untuk berbagi makanan dengan cara yang sopan dan bersih. Di sana, banyak anak-anak belajar makan memakai sumpit sejak TK. Mereka biasanya menggunakan sumpit ukuran kecil yang sesuai dengan tangan mereka. Karena sengaja diciptakan dalam berbagai ukuran.


Tradisi yang cukup unik namun mendidik ialah anak-anak diajarkan untuk tidak mengetukkan sumpitnya ke meja makan atau mangkuk. Katanya, supaya hantu lapar tidak datang karena suara itu. Namun sebenarnya ini hanya cara untuk mengajarkan agar tidak berisik dan sopan saat makan, teman-teman. Di Vietnam, ada bahan selain bambu untuk membuat sumpit, yaitu dari pohon kelapa!


Jepang


Di Negara Sakura ini, karena banyak makanan yang dipotong dengan ukuran kecil, menggunakan sumpit adalah solusi utama agar mempermudah saat mengambil makanan tersebut. Untuk menyingkirkan tulang pada ikan bisa juga dengan menggunakan sumpit, jadi semakin berguna pula sumpit di negara tersebut. Bahkan,di beberapa Restoran Jepang, kita juga tidak akan mendapatkan sendok kalau tidak memesan sup.


Di Jepang, ada budaya dimana ketika kita selesai makan, kita memegang sumpit di antara ibu jari dan telunjuk, kemudian mengucapkan \\\'gochisousama\\\' yang artinya, makanannya sangat enak, terima kasih. Bukan hanya alat makan saking populernya sumpit di Negara Jepang, banyak sumpit dilukis dan dijadikan pajangan di rumah.


Korea


Negeri Ginseng pun tak kalah populer dalam penggunaan sumpitnya, hampir setiap makan diwajibkan menggunakan sumpit. Namun jika biasanya sumpit terbuat dari plastik, kayu atau bambu, banyak sumpit ala Korea terbuat dari logam. Itulah salah satu perbedaan dan ciri khas pada sumpit orang korea


Kalau di Korea, sumpit hampir digunakan untuk semua jenis makanan, teman-teman. Di sana, kita tidak boleh memegang sendok dan sumpit di satu tangan secara bersamaan. Selain itu, kita juga tidak boleh mengambil lauk ketika sumpit di tangan kita masih ada nasinya. Tradisi di Korea juga semua orang bahkan anak-anak pula menggunakan sumpit logam orang dewasa.


Hongkong dan Tiongkok


Di tempat asal sumpit, alat makan ini hampir digunakan untuk semua jenis makanan. Mulai dari mie, nasi, sampai lauk pauknya. Namun untuk makanan yang bukan makanan Tionghoa, orang-orang lebih sering menggunakan garpu dan pisau. Kepercayaan orang Tionghoa juga melarang kita menaruh sumpit dalam posisi berdiri di mangkuk nasi. Karena itu merupakan cara orang Tionghoa menghormati leluhur yang sudah meninggal. Kalau kita melakukannya, itu akan dianggap sebagai pertanda buruk.

Comment

Similar Post You May Like