Kenali Perbedaan Batuk Alergi Dan Batuk Penyakit Serta Pencegahannya!

Wpfreeware 2022-01-11 12:07:46 health


Source: Pinterest.id


Tahukah Sobat Glamours? Batuk memiliki berbagai jenis, yaitu batuk yang disebabkan oleh alergi, batuk yang disebabkan karena penyakit dan batuk biasa. Sedikit sulit membedakan ketiga batuk tersebut, karena memang memiliki gejala yang hampir serupa. Batuk merupakan cara tubuh bereaksi ketika tenggorokan atau saluran nafas mengalami peradangan, baik akibat alergi maupun infeksi.


Reaksi tersebut berfungsi untuk melindungi saluran napas dari benda asing atau kuman, seperti bakteri, virus, debu, atau bulu hewan. Sehingga saat terjadi batuk, benda asing akan didorong keluar dan paru paru kita tetap bersih dan terbebas dari masalah serius lainnya. Meskipun demikian, cara membedakan kedua batuk tersebut cukup mudah jika ditelisik dengan seksama, yuk simak perbedaannya!


Batuk Alergi


Cara Menyembuhkan Flu dan Batuk dengan Cepat | Bodrex

Source: Pinterest.id

Batuk alergi merupakan batuk yang dipicu oleh beberapa zat atau benda hal itu disebut dengan alergen, misalnya debu, jamur, serbuk sari, bulu atau kotoran hewan, asap rokok, dan polusi udara. Jenis batuk ini tidak menular dan gejalanya bisa berlangsung hingga berbulan-bulan. Beberapa gejala yang akan dirasa yaitu gatal di bagian tenggorokan, hidung berair dan tersumbat.


Kemudian gejala yang lebih beratnya akan menyebabkan sakit kepala, batuk-batuk secara berlebih namun dalam keadaan kering atau berdahak bening. Setelah beberapa hal tersebut mereda, akan diikuti oleh bersin terus-menerus, sulit bernafas dan merasa lelah di seluruh tubuh.


Pengobatan dan pencegahan batuk alergi yang paling utama adalah menghindari paparan alergi dari alergen. Setelah Anda terhindar dari faktor pemicu alergi tertentu, gejala biasanya akan membaik dengan sendirinya dalam beberapa hari, bahkan dalam hitungan jam.


Selain menjauhi alergen, sebaiknya perbanyak minum air putih dan segera bersihkan saluran hidung dengan air infusan. Namun jika merasa tambah parah bisa membantunya dengan mengkonsumsi beberapa obat yang meredakannya seperti antihistamin untuk meredakan reaksi alergi dan dekongestan untuk melegakan hidung tersumbat.


Batuk Biasa


Apa bedanya gejala virus corona dengan batuk dan pilek biasa? - ANTARA News

Source: Pinterest.id

Batuk yang biasa ini, justru berbanding terbalik dengan batuk alergi, batuk ini timbul karena adanya serangan dari virus dan bakteri. Batuk biasa pada umumnya dipicu oleh infeksi virus sehingga dapat menular. Gejala awal batuk biasa memang mirip batuk alergi, tetapi umumnya disertai pula dengan gejala lain, seperti demam, batuk berdahak warna hijau atau kekuningan, sakit tenggorokan, nyeri saat menelan, dan juga nyeri otot.


Untuk batuk biasa yang disebabkan oleh infeksi virus, umumnya dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu beberapa hari. Anda hanya perlu memperbanyak istirahat dan mengkonsumsi obat pereda gejala. Konsumsilah cairan hangat pereda batuk, misalnya minuman mentol, madu, teh chamomile, atau teh jahe untuk meredakan rasa gatal di tenggorokan.


Misalnya, jika batuk disertai demam dan nyeri otot, Anda bisa mengkonsumsi obat pereda demam dan nyeri, seperti paracetamol atau ibuprofen. Namun, pastikan Anda mengonsumsi obat-obatan tersebut sesuai petunjuk penggunaan di kemasan atau resep dokter.

Comment

Similar Post You May Like