Sederet Manfaat dan Resiko Kesehatan Yang Dimiliki Oleh Jeroan Ayam

Wpfreeware 2022-01-06 12:01:20 health

Apa yang terlintas di pikiran Sobat Glamours jika mendengar kata jeroan? Ya beberapa orang tidak terlalu menyukai jeroan, jeroan ayam, sapi, kambing, dan lain sebagainya. Namun ternyata terlepas dari semua itu, jeroan juga memiliki manfaat jika mengkonsumsinya, dengan porsi yang cukup dan tidak berlebihan.


Setiap makanan tentunya memiliki kekurangan dan kelebihan, begitu juga dengan jeroan ayam. Ada beberapa manfaat dan resiko yang harus dibayar jika mengkonsumsinya secara terus menerus dan tidak mengontrolnya. Untuk Sobat Glamours yang penasaran, yuk simak beberapa manfaat dan resiko berikut!


Kaya Protein


Ini Risiko Terlalu Sering Makan Jeroan - Alodokter

Source: pinterest.id

Protein merupakan sebuah energi yang dibutuhkan untuk memproduksi energi, kemudian protein juga berfungsi untuk mengisi sel- sel yang membentuk otot dan jaringan pada tubuh Anda. Pada jeroan ini terdapat kandungan protein yang besar dan kuat. Hal ini selaras dengan sebuah penelitian menurut Harvard School of Public Health, yang menyatakan satu porsi jeroan ayam sejumlah 3,5 ons mengandung 30,39 gram protein.


Jadi jeroan memiliki kandungan protein yang tinggi untuk membantu meningkatkan energi dan otot jaringan pada tubuh kita. Sehingga sesekali dianjurkan untuk mengkonsumsi jeroan untuk memperkaya protein dalam tubuh kita.


Mengandung Zat Besi dan Mineral Seng


Fungsi dan Manfaat Zat Besi Yang Paling Utama Bagi Tubuh | HonestDocs

Source: Pinterest.id

Selain protein, pada 3,5 ons jeroan ayam mengandung zat besi dan mineral seng yang cukup dibutuhkan oleh tubuh. Pasalnya, organ pada perut ayam ini mengandung 3,19 miligram zat besi dan 4,42 miligram seng. Jika dibandingkan dengan kebutuhan nutrisi dan mineral seorang, wanita membutuhkan 18 mg zat besi dan 8 mg seng setiap hari, sedangkan pria membutuhkan 8 mg zat besi dan seng 11 mg setiap hari.


Kedua kandungan manfaat tersebut, yaitu mineral dan zat besi ini dari jeroan ayam dapat mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat dan meningkatkan penyembuhan luka. Oleh karena itu jeroan dianggap sebagai makanan yang underrated tetapi memiliki manfaat yang banyak.


Vitamin A dan B12


5 Vitamin untuk Daya Tahan Tubuh Agar Tidak Mudah Lelah

Source: Pinterest.id

Beberapa vitamin yang diperlukan tubuh seperti vitamin A dan vitamin B12 juga terdapat pada jeroan hewan ayam. Nyatanya, pada 3 ons jeroan ayam mengandung 1,04 mikrogram vitamin A dan 2,4 mikrogram vitamin B12 yang Anda butuhkan setiap hari.


Kandungan vitamin A berperan tinggi pada kesehatan sistem kekebalan tubuh, dengan memicu pertumbuhan sel darah putih baru, serta mengendalikan fungsi sel darah putih matang. Lalu, vitamin B12 berguna untuk pengembangan sel darah merah baru yang mendukung kesehatan sistem saraf.


Disamping manfaat tersebut, jeroan juga memiliki sisi negatif jika dikonsumsi dengan porsi yang banyak. Sehingga dapat menimbulkan resiko kesehatan yang akan membuat Sobat Glamours berhati-hati akan hal tersebut, yuk simak baik-baik!


Kadar Kolesterol Tinggi


Hanya 2 Kali Sehari Diminum, Kolestrol Akan Sembuh - Metropublik.com

Source: Pinterest.id

mengkonsumsi jeroan akan menyebabkan kelebihan 12 persen batas lemak jenuh harian, atau 17 persen lebih tinggi jika Anda menderita kolesterol tinggi atau penyakit jantung. Pada umumnya kalori yang dikonsumsi oleh setiap orang 2500 - 3000 Kkal, dengan kadar lemak jenuh yang sedikit.


Sedangkan dalam jeroan banyak sekali lemak jenuh memiliki efek berbahaya pada kolesterol darah Anda, yang secara negatif mempengaruhi kadar kolesterol dan berkontribusi pada penyakit kardiovaskular (jantung). Oleh karena hal tersebut, mengkonsumsi jeroan harus pada porsinya.


Mengandung Racun


Ini Alasan Kenapa Racun Identik dengan Warna Hijau. Ternyata Semua Bermula  di Abad ke-18!

Source: Pinterest.id

Banyak ahli mengatakan bahwa jeroan mengandung berbagai nutrisi. Namun di samping itu, jeroan juga mengandung berbagai racun. Hati atau liver dan ginjal hewan penuh dengan racun yang disaring dari darah. 


Beberapa kandungan racun dalam jeroan adalah merkuri, timah, arsenik, kromium, kadmium, selenium dan sebagainya. Fungsi liver pada hewan sama dengan fungsi liver pada manusia. Di dalam liver akan mengendap racun-racun dan mengkonsumsi hati  hal tersebut sama saja dengan mengkonsumsi racun.

Comment

Similar Post You May Like

Lokasi

Alamat: Jl. Kancra No 37, Buahbatu, Bandung 40262
(022) 7324011
09:00-17:00

Media Partner