Berikut Beberapa Macam Gangguan Tidur Dan Gejala Yang Dialaminya

Wpfreeware 2021-12-23 15:31:54 health


Source: Pinterest.id


Beberapa dari Sobat Glamours pernah mengalami kesulitan untuk tertidur? Ternyata banyak faktor yang menyebabkan susahnya tertidur di malam hari. Beberapa faktor gangguan tidur bisa ditimbulkan karena masalah kesehatan dan pola hidup atau bahkan karena memiliki masalah dan menjadi stress berat. Berikut macam-macam gangguan tidur dan cara mengatasinya!


Insomnia



Source: Pinterest.id

Insomnia merupakan gangguan tidur yang sering kali disebut-sebut dan dialami oleh banyak orang. Gangguan tidur yang satu ini merupakan gangguan tidur dengan dampak yang cukup berat. Hal tersebut disebabkan oleh faktor internal, atau karena sikap yang disebabkan oleh diri kita sendiri. Mungkin saja karena terlalu banyak pikiran, merasa lapar, atau memang tidak bisa tidur meskipun telah dipaksakan.


Gejala insomnia diawali dengan kesulitan memulai tidur, bangun terlalu dini, kesulitan tidur nyenyak, serta penurunan kualitas tidur. Selain itu akan diikuti oleh perubahan mood yang mendadak, tidak merasa puas saat tertidur, dan bangun dalam keadaan lunglai tidak segar. 


Pola Tidur



Source: Pinterest.id

Gangguan pola tidur merupakan kesulitan tertidur saat kita menginginkannya. Jenis gangguan tidur ini biasanya terjadi karena ulah gangguan dari luar atau faktor eksternal yang menyebabkan kita susah tidur sehingga mengganggu pola tidur kita. Faktor tersebut biasanya disebabkan oleh suara bising, cahaya terlalu terang dan lain sebagainya.


Selain itu faktor tersebut bisa dipicu karena dari gangguan pasangan saat tidur, imobilisasi bidai pada pasien operasi muskuloskeletal, kurang privasi, atau kondisi tidak aman dan nyaman terhadap lingkungan tidur kita. Gejala yang biasa dialami kesulitan memulai tidur, bangun terlalu dini, kesulitan tidur nyenyak, penurunan kualitas tidur, bangun tidak segar, perubahan mood, dan tidur tidak memuaskan.


Deprivasi Tidur



Source: Pinterest.id

Deprivasi tidur adalah Gampangannya gangguan ini sering terjadi pada pekerja shift malam seperti perawat, dokter jaga, satpam, dan beberapa pekerjaan lainnya. Mereka harus bertahan terjaga padahal seharusnya jam biologisnya adalah tidur. Maka jelas sekali mereka akan mengalami kesulitan dalam tidur, selain itu kualitas tidurnya akan mendapatkan penurunan karena pola tidur yang berantakan dan pemaksaan jam biologis.


Gejala yang dialami oleh gangguan deprivasi tidur adalah cemas, gelisah, menjadi acuh, fleeting nystagmus, terkadang muncul halusinasi, peningkatan kepekaan, keletihan, bingung, malas-malasan, memberontak, mengantuk dan paranoia sementara. Hal tersebut merupakan gejala awal yang dialami oleh gangguan tidur, sebaiknya jika telah mengalaminya segera berkonsultasi ke dokter.

Comment

Similar Post You May Like