Berikut Manfaat Jamur Lingzhi Untuk Kesehatan

Wpfreeware 2021-12-19 13:45:30 health


Source: Pinterest.id


Jamur lingzhi merupakan jamur yang kaya akan manfaat dan biasa digunakan sebagai obat. Jamur ini mudah tumbuh di berbagai wilayah Asia, bahkan telah digunakan selama ribuan tahun dalam pengobatan tradisional Tiongkok. Jamur reishi dikenal juga dengan nama latin jamur lingzhi Ganoderma lucidum. Jenis jamur ini berukuran besar, berwarna gelap, dan memiliki efek mengkilap.


Pada dasarnya jamur jamur Lingzhi ini terbagi ke dalam dua bagian, yaitu bagian badan buah dan bagian miselium (seperti benang yang tertanam di tempat mereka tumbuh). Bagian miselium inilah yang biasanya digunakan sebagai obat herbal dan memiliki banyak manfaat. Selain itu jamur Lingzhi mengandung karbohidrat, lemak, serat, dan protein. Selain itu jamur ini juga mengandung molekul bioaktif polisakarida, peptidoglikan, dan triterpenoid.


Yuk kenali beberapa manfaat jamur Lingzhi untuk kesehatan.


Anti Kanker



Source: Pinterest.id

Triterpenoid dan polisakarida adalah senyawa yang berkontribusi pada sifat anti kanker pada jamur Lingzhi. Disamping itu jamur Lingzhi ini kaya akan asam lemak, asam amino, alkaloid, steroid, enzim, triterpenoid, dan polisakarida. 


Menurut beberapa penelitian dan sejumlah uji penelitian klinis laboratorium menemukan bahwa banyak sel kanker yang mati berkat jamur ini. Penelitian lain menunjukkan bahwa jamur Lingzhi dapat menurunkan jumlah dan ukuran tumor di usus besar, serta mencegah kanker kolorektal dan kanker prostat.


Anti Inflamasi

Selain anti kanker, jamur ini memiliki senyawa bioaktif yang disebut polifenol dan flavonoid pada jamur ini juga diyakini dapat membantu terapi antiinflamasi terhadap melanoma dan kanker payudara. Meski demikian, masih perlu banyak uji klinis lebih lanjut untuk memastikan efektivitas jamur Lingzhi sebagai bagian terapi pengobatan kanker dan anti inflamasi.


Meningkatkan Kekebalan Tubuh



Source: Pinterest.id

Manfaat jamur lingzhi yaitu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Salah satu efek terpenting dari jamur lingzhi adalah dapat meningkatkan sistem kekebalan Anda. Meskipun beberapa detail masih belum pasti, penelitian tabung reaksi menunjukkan bahwa lingzhi dapat mempengaruhi gen dalam sel darah putih, yang merupakan bagian penting dari sistem kekebalan Anda.


Menghilangkan Depresi



Source: Pinterest.id

Efek jamur lingzhi pada sistem kekebalan merupakan manfaat yang paling banyak dibicarakan, padahal jamur ini juga memiliki potensi khasiat lainnya. Salah satunya termasuk mengurangi rasa lelah dan depresi, serta peningkatan kualitas hidup.


Satu studi meneliti efeknya pada 132 orang dengan neurasthenia, kondisi yang tidak jelas terkait dengan nyeri, pusing, sakit kepala, dan mudah tersinggung. Para peneliti menemukan bahwa kelelahan berkurang dan kesejahteraan meningkat setelah 8 minggu mengkonsumsi suplemen.


Kesehatan Jantung


Source: Pinterest.id

Manfaat jamur lingzhi yang keempat yakni untuk menjaga kesehatan jantung. Hal ini karena jamur lingzhi dapat meningkatkan kolesterol HDL "baik" dan menurunkan trigliserida. Namun, penelitian lain pada orang dewasa yang sehat tidak menunjukkan perbaikan pada faktor risiko penyakit jantung ini. Oleh karena itu jamur ini dipercaya dapat menjaga kesehatan jantung.

Comment

Similar Post You May Like