Zeigarnik Effect: Kondisi Psikologi Yang Berdampak Overthinking

Wpfreeware 2021-12-15 11:24:08 health


Source: Pinterest.id


Pernahkah Sobat Glamours memiliki tugas namun selalu terus teringat pada tugas tersebut? Perilaku tersebut merupakan contoh dari zeigarnik efek. Zeigarnik efek merupakan kecenderungan mengingat suatu hal yang belum selesai dibandingkan dengan hal yang sudah selesai dikerjakan. Kalau kamu pernah mengalaminya, diharapkan untuk tenang dan santai, karena fenomena ini bukan termasuk dalam gangguan mental, melainkan mekanisme alami tubuh manusia.


Hal itu disebabkan karena adanya ketegangan otak yang membuat otak terus mengingat tugas yang belum selesai dan mendorong kamu untuk segera menyelesaikannya, agar ketegangan tersebut bisa menghilang. Hal ini memang normal adanya, namun pada dasarnya ketegangan kognitif pada otak akan memberikan 2 dampak pada tubuh kita.


Yang pertama merupakan dampak negatif. Dampak tersebut akan membuat kita terus-menerus teringat pekerjaan yang belum selesai mungkin bisa merusak mood atau mengganggu fokus. Ini juga bisa menyebabkan stres, meningkatkan gangguan kecemasan, gangguan tidur, dan lainnya. Bahkan parahnya bisa memicu overthinking.



Source: Pinterest.id

Namun disamping itu ada pula dampak positif yang kan membuat kita menjadi lebih produktif dan kreatifitas kerja kita. Tak hanya itu, dampak positif yang timbul yaitu menghilangkan kebiasaan menunda pekerjaan, memotivasi diri untuk menyelesaikan to do list, memberikan kepuasan dan meningkatkan rasa percaya diri saat tugas atau pekerjaan dapat terselesaikan dengan baik dan juga menjaga kesehatan mental.


Zeigarnik Efek ini akan memberikan dampak berbeda-beda pada setiap orang. Hal ini dikarenakan berbeda pula penerimaan yang dimiliki oleh setiap orang, sehingga menyebabkan perbedaan yang diterima oleh tubuh. Bisa saja menjadi positif karena berpikiran bisa membantu kita, atau berdampak negatif karena kita sedang tidak ingin melakukannya namun terus menerus terpikirkan oleh kita.


Namun, jika efek sudah ini memunculkan rasa takut dan cemas yang berlebihan atau sudah menimbulkan masalah tidur, sebaiknya segera konsultasikan dengan psikolog atau psikiater karena hal ini akan berdampak pada kesehatan mental yang kita miliki.


Selain itu Zeigarnik efek mengungkapkan banyak hal tentang cara kerja memori. Begitu informasi diterima, ia sering disimpan dalam memori sensorik untuk waktu yang sangat singkat. Ketika kita memperhatikan informasi, itu pindah ke memori jangka pendek. Banyak dari ingatan jangka pendek ini dilupakan dengan cukup cepat, tetapi melalui proses latihan aktif, beberapa informasi ini dapat pindah ke ingatan jangka panjang.  

Comment

Similar Post You May Like