Berkunjung Ke Kampung Jelekong, Sentra Seniman Lukis Bandung

Wpfreeware 2021-12-15 11:21:30 Ngebandung


Source: Pinterest.id


Kesenian merupakan sebuah karya dari tradisi dan budaya yang selama ini kita ukir dan wariskan secara turun temurun. Ada berbagai macam seni yang populer dan dikagumi oleh masyarakat, seperti halnya seni lukis. Seni lukis merupakan sebuah kegiatan mengolah medium dua dimensi atau permukaan dari objek tiga dimensi untuk mendapat kesan tertentu. Medium lukisan bisa berbentuk apa saja, seperti kanvas, kertas, papan, dan bahkan film di dalam fotografi bisa dianggap sebagai media lukisan. 


Bandung pun memiliki pusat sentra seniman lukis yang berada di kampung Jelekong. Pernahkah Sobat Galmours jalan-jalan ke braga di kota bandung? Jika pernah pastinya akan melihat deretan lukisan unik nan indah yang ada di sepanjang pinggiran jalan braga? Lukisan tersebut ternyata berasal dari kampung Jelekong yang merupakan pusat seni lukis terbesar yang ada di bandung.


Kampung Wisata Jelekong, Pusat Seni Lukis Bandung yang Mendunia | Your  Bandung

Source: Pinterest.id

Berada di Jalan Jelekong, Desa Jelekong, Baleendah, Bandung Sentra Seniman Lukis ini telah ada sejak 1969.  Bukan tanpa sebab, Jalan Jelekong menjadi pusat seni lukis terbesar di Bandung karena seniman kondang Odin Rohidin telah merintis pusat seni lukis di Jelekong dan secara turun temurun ilmu lukis diwariskan kepada anak cucu mereka.


Semakin lama, semakin berkembangnya zaman semakin banyak seniman berkembang di kampung Jelekong ini. Bahkan sebagian warganya berprofesi sebagai seniman lukis, sehingga membuat kampung ini dijuluki sebagai desa wisata lukis Jelekong. Lukisan dua dimensi hingga tiga dimensi berjajar rapi di sepanjang jalan. Layaknya pusat kebudayaan, Kampung Jelekong telah menelurkan para seniman hebat.


Selain itu kampung Jelekong ini sudah mencakup pemasaran produk yang cukup luas, yaitu memasarkan lukisan ini ke ke kota seni Yogyakarta dan Bali. Tak luput kota-kota besar di Indonesia lain yaitu Semarang, Bogor dan tentunya Bandung juga jadi tujuannya. Bahkan kancah internasional seperti Malaysia dan Arab Saudi kedapatan memesan lukisan dari kampung Jelekong.


Menikmati Wisata Seni Jalanan Kota Bandung - Indonesia Traveller Guide

Source: Pinterest.id

Kemudian semakin berkembangnya zaman, dan maraknya dunia digital para seniman mulai memasarkan hasil karya mereka melalui marketplace. Berbagai macam platform mereka gunakan untuk meningkatkan jangkauan pembeli, sehingga lukisannya semakin tersebar ke seluruh penjuru nusantara.

Lukisan mereka dibanderol dari harga 200 ribu hingga puluhan juta. Tingkat kerumitan dan material lukisan menentukan harga jual. Namun saat ini, terjadi penurunan jumlah seniman. Banyak yang beralih profesi demi mencukupi kebutuhan sehari-hari. Namun upaya mereka tak pernah berhenti. Para pelukis selalu mengajari anak-anak mereka bagaimana cara menjadi pelukis handal.


Comment

Similar Post You May Like