4 Cara Alami Merawat Rambut Kering dan Rusak

Wpfreeware 2021-12-12 09:59:38 Fashion&beauty


Source: Pinterest.id


Rambut merupakan mahkota untuk setiap orang, baik itu wanita atau pria. Rasa percaya diri pun akan bertambah jika kita memiliki rambut yang sehat dan indah berkilau. Namun banyak sekali orang yang mengeluh akan rambutnya yang kering dan rusak karena berbagai alasan. Sebelum mengetahui apa saja cara mengatasi rambut kering, kenali dahulu mengapa kondisi rambut ini bisa terjadi.


Rambut kering adalah kondisi yang terjadi ketika kulit kepala tidak menghasilkan minyak yang cukup untuk melembabkan rambut. Kondisi rambut ini pun muncul karena batang rambut tidak dapat menyerap atau mempertahankan kelembaban alaminya. Akibatnya, rambut jadi bercabang dan mudah patah. Hal itulah yang menyebabkan rambut kering dan rusak, oleh karena itu kita harus merawat dan mencegahnya agar tetap sehat.


Yuk Sobat Glamours intip tips alami merawat kulit kepala dan rambut!


Shea Butter



Source: Pinterest.id

Shea butter merupakan salah satu bahan yang sebaiknya ada di dalam shampo untuk mengatasi rambut kering. Krim ini merupakan krim yang berasal dari lemak kacang pohon Vitellaria paradoxa, selain itu kaya akan vitamin, protein, mineral, dan senyawa antioksidan yang baik. Tentunya memiliki manfaat untuk melembabkan karena bertekstur cream.


Selain bermanfaat untuk tubuh, shea butter juga sering dijumpai pada produk perawatan rambut, termasuk sampo dan kondisioner rambut untuk kondisi ini. Pasalnya, kandungan vitamin A dan E di dalamnya menjaga kelembaban kulit kepala dan rambut rusak.


Oleskan Minyak Alami



Source: Pinterest.id

Selain shea butter, Anda juga bisa mengoleskan minyak dari bahan alami ke rambut yang kering dan mengembang. Minyak zaitun merupakan salah satu minyak alami yang bisa mempertahankan kelembaban rambut, serta melembutkan dan memperkuat rambut hingga ke akarnya. Karena memiliki kandungan asam oleat, asam palmitat, dan squalene di dalamnya adalah emolien yang bersifat melembabkan.


Kemudian buah Alpukat juga dipercaya mengandung minyak nabati dapat mencegah kerusakan pangkal rambut dan mengurangi resiko rambut patah. Anda juga dapat memanfaatkan minyak kelapa yang memiliki kandungan bersifat antijamur dan antibakteri yang membantu mengurangi risiko infeksi kulit kepala dan juga untuk mengatasi rambut kering dan mengembang. Minyak kelapa diyakini dapat melembabkan rambut sekaligus melindungi rambut dari kerusakan.


Mengkonsumsi Omega-3



Source: Pinterest.id

Mengubah pola makan menjadi lebih sehat tidak hanya berguna untuk kesehatan tubuh, namun ternyata juga berpengaruh terhadap rambut Anda. Salah satu makanan yang ternyata baik untuk merawat kondisi rambut adalah asam lemak omega-3.


Asam lemak omega 3 ternyata dapat membantu mengembalikan kilau alami rambut yang hilang akibat terlalu kering. Sementara itu, antioksidan di dalamnya juga membantu melawan stres oksidatif yang membuat rambut tampak kusam.


Maka dari itu, konsumsi omega 3 dapat menjadi salah satu cara mengatasi kondisi rambut ini. Anda bisa mendapatkan khasiat omega-3 dari beberapa makanan seperti ikan kembung, sarden, tuna, dan salmon, juga kacang-kacangan halnya kacang merah dan kacang kenari, dan sayuran yaitu brokoli dan tomat


Gunakan Sampo Yang Sesuai



Source: Pinterest.id

Kandungan pH yang rendah dalam sebuah sampo ternyata baik digunakan sebagai cara untuk mengatasi rambut kering. Hal ini dibuktikan lewat penelitian dari International Journal of Trichology. Peneliti melaporkan bahwa pH yang terlalu tinggi dapat meningkatkan muatan listrik negatif pada permukaan rambut. Akibatnya, gesekan antar serat rambut semakin banyak dan menyebabkan kerusakan kutikula serta serat.


Selain itu mencuci rambut adalah salah satu cara menjaga kebersihan rambut. Namun, terlalu sering melakukan keramas ternyata tidak baik bagi pemilik kondisi rambut ini. Hal ini dikarenakan keramas dengan sampo setiap hari dapat menghilangkan minyak alami dari rambut.


Bila jumlahnya terlalu banyak, rambut akan berminyak. Namun, ketika kulit kepala kekurangan minyak, rambut akan menjadi kering. Bagi pemilik rambut kering tentu hal ini bisa menjadi mimpi buruk karena rambut yang kering akan terlihat kusam.

Comment

Similar Post You May Like