Menelisik Asal Usul Prom Night Budaya Barat

Wpfreeware 2021-11-28 11:06:21 hotnews


Source: Pinterest.id


Prom night merupakan acara perpisahan siswa SMA tingkat akhir, namun bisa dihadiri oleh seluruh siswa yang berada di sekolah tersebut. Pasalnya prom night di indonesia sangat berbeda dengan prom night yang ada di luar negri. Budaya prom night ini merupakan adaptasi dari budaya luar negeri, namun dengan kearifan lokal dan beberapa hal yang tentunya akan diubah oleh panitia prom night tersebut.


Dalam beberapa dekade terakhir budaya prom night yang berasal dari Amerika Serikat meluas dan akhirnya diikuti pula oleh remaja di berbagai belahan dunia. Di Indonesia sendiri, prom biasanya digelar sebagai ajang perpisahan siswa tingkat akhir, dan merupakan acara puncak yang bikin masa-masa sekolah semakin berkesan. Para pesertanya biasanya mengenakan pakaian serba rapi dan elegan, laki-laki memakai jas, sementara perempuan memakai gaun.


Pada awal kemunculannya, prom bukanlah acara yang digelar untuk pelajar SMA, tapi untuk kalangan mahasiswa, tepatnya di kawasan Northeast, Amerika Serikat. “Prom” merupakan kependekan dari “Promenade” yang berarti “Parade tamu di awal pesta, atau acara formal.” Praktik tersebut dimulai pada pertengahan hingga akhir 1800 an di Northeast. Pada awalnya, prom adalah acara yang ditujukan untuk mengembangkan etika sosial dan sopan santun (manner) mahasiswa (di acara formal) setiap menjelang kelulusan.



Source: Pinterest.id

Hingga pada tahun 1900  an tradisi ini mulai terkenal meluas dan menjangkau para pelajar SMA di Amerika Serikat. Karena hal tersebut hampir seluruh SMA di berbagai negara bagian menggelar prom  pada masa itu. Namun yang membedakannya adalah para orang tua dan guru berharap melalui pesta dansa dan makan malam resmi tersebut, para siswa bisa belajar banyak tentang etika. Oleh sebab itu, prom di era 1900 an masih mendapat pengawasan yang ketat dari orang tua serta guru.


Barulah setelah usai Perang Dunia II, tepatnya di tahun 1950 budaya prom night ini mulai menjelma jadi pesta mewah para siswa SMA di Amerika. Meningkatnya ekonomi negara membuat sekolah mampu mengeluarkan banyak dana untuk menyewa lokasi prom night yang mewah. Alhasil, para peserta harus menyesuaikan penampilan mereka dengan membeli gaun dan jas mahal, bahkan menyewa mobil mewah jika perlu.


Di awal tahun 1963, Presiden Kennedy menjadwal ulang penggalangan dana di Beverly Hilton supaya prom yang diadakan sekolah lokal di hari yang sama bisa terlaksana. Kemudian di tahun 1975, Susan, anak perempuan Presiden Ford, mengadakan pesta prom di Istana Kepresidenan Amerika Serikat, White House. Beberapa hal tersebut menyebabkan budaya prom night kian terkenal ke mancanegara usai adanya pemberitaan mengenai sepak terjang politisi Amerika.


Pada saat itu juga, prom night sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Amerika, khususnya para pelajar SMA. Budaya ini juga mempengaruhi industri perfilman Amerika di tahun 2000an . Sehingga banyak sekali film yang menampilkan adegan romantis remaja di pesta prom, sebut saja The Girl Next Door (2004), Twilight (2008), Prom (2011), Juno (2007), dan The Spectacular Now (2013).  Hal ini punya pengaruh besar dalam  menyebarkan virus prom night ke berbagai belahan dunia.


Itulah sekilas asal usul prom night yang diadaptasi dari kebudayaan Northeast. Gimana nih Sobat Glamours makin tertarik untuk datang ke prom night?

Comment

Similar Post You May Like