Cara Alami Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Wpfreeware 2021-11-27 09:14:15 Ngebandung


Source: Pinterest.id


Tekanan darah merupakan salah satu hal sedikit sensitif dan harus diperhatikan sekali. Hal tersebut bersangkut paut dengan pola hidup yang yang sehat. Jika pola hidup Anda sehat dan terjaga, maka tekanan darah pun akan seimbang dan normal adanya. Maka dari itu Anda tidak perlu mengkonsumsi obat-obatan yang berat dan menghindari makanan yang berupa pantangan untuk kesehatan tubuh Anda.


Bagi anda yang memiliki tekanan darah tinggi atau hipertensi, maka sebaiknya mengatur pola hidup dan memperhatikan cara alami berikut yang bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi Sobat Glamours, simak baik-baik!


Batasi Konsumsi Kafein dan Alkohol 



Source: Pinterest.id

Mengkonsumsi alkohol dan kafein secara  berlebihan telah dikaitkan menjadi salah satu alasan tekanan darah tinggi. Oleh karena itu, dengan membatasi asupan alkohol minimal 1 gelas sehari untuk wanita dan 2 gelas sehari untuk pria akan membuat Anda terbebas dari tekanan darah yang tinggi. Kemudian kurangi asupan kafein terutama bagi Anda yang lebih sensitif terhadap kafein.


Tingkatkan Asupan Kalium



Source: Pinterest.id

Kalium adalah nutrisi nutrisi penting bagi orang yang mengalami hipertensi. Sejenis mineral ini bisa membantu membuang kelebihan natrium dan mengurangi tekanan pada pembuluh darah. Perlu diingat, makanan yang diolah melalui pemrosesan atau makanan kemasan cenderung tinggi natrium, sehingga kalium bisa menyeimbangkannya.



Beberapa makanan tinggi kalium yang telah terbukti dan disarankan di antaranya, sayuran seperti sayuran hijau, tomat, kentang, dan ubi jalar. Kemudian buah-buahan seperti melon, pisang, alpukat, jeruk, dan aprikot. Juga makanan seperti kacang-kacangan dan biji-bijian, susu, yoghurt, tuna, dan salmon. Pastikan untuk mengkonsumsi makanan sehat tersebut, agar dapat mengontrol dan menurunkan tekanan darah.


Berhenti Merokok



Source: Pinterest.id

Merokok dapat menyebabkan kerusakan, peradangan, dan penyempitan pembuluh darah yang pada akhirnya menyebabkan tekanan darah meningkat secara bertahap. Jika Anda merupakan seorang perokok, sebaiknya hentikan kebiasaan buruk ini mulai sekarang. Tidak hanya bagi diri sendiri, merokok juga dapat merugikan kesehatan orang lain yang menghirup asap rokok (perokok pasif). Maka dari itu penting sekali untuk menjaga kesehatan diri sendiri dan menurunkan tekanan darah dengan berhenti merokok.


Berolahraga Dengan Teratur



Source: Pinterest.id

Olahraga adalah kegiatan penting untuk tubuh. Salah satunya olahraga dapat memperkuat otot jantung, sehingga tekanan pada pembuluh darah berkurang dan aliran darah menjadi lebih lancar. Penelitian menunjukkan setiap orang membutuhkan olahraga 30 hingga 45 menit secara teratur agar tetap sehat dan mengurangi risiko penyakit kronis.


Pasalnya dengan berjalan kaki minimal 40 menit setiap hari akan membuat Anda tetap sehat dan aman. Maka dari itu jika Anda tidak punya waktu untuk berolahraga, tidak apa-apa asalkan Anda aktif bergerak. Contohnya dengan menyempatkan diri berjalan kaki, menaiki tangga, atau bahkan membereskan rumah.

Comment

Similar Post You May Like

Lokasi

Alamat: Jl. Kancra No 37, Buahbatu, Bandung 40262
(022) 7324011
09:00-17:00

Media Partner