Sejarah Singkat Peringatan Hari Guru Nasional

Wpfreeware 2021-11-25 10:45:17 hotnews


Source: Google Image


Tahukah Sobat Glamours? Hari guru ini merupakan awal terbentuknya PGRI atau Persatuan Guru Republik Indonesia. Pasalnya sebelum PGRI didirikan dan dibentuk, banyak sekali asosiasi atau komunitas yang bersangkut paut dengan guru. Maka dari itu nama PGRI memiliki histori latar belakang nama tersebut, terlebih nama PGRI yang  digunakan hingga sekarang memiliki banyak nama sebelumnya.


Jauh pada masa pemerintahan belanda dibentuklah asosiasi yang sama yaitu PGHB itu dibentuk pada tahun 1912 dan menjadi wadah perjuangan para guru. PGHB merupakan singkatan dari Persatuan Guru Hindia Belanda Organisasi PGHB banyak berisikan guru-guru pribumi yang mengajar di Sekolah Rakyat Angka Dua dan di Sekolah Desa. Anggota dari PGHB ini terdiri dari Guru Bantu, Guru Desa, Kepala Sekolah, serta Pemilik Sekolah.


Namun melalui PGHB ini para guru pribumi berusaha untuk memperjuangkan hak-hak yang dimiliki. Karena pada saat itu, para guru pribumi merasa ada perbedaan antar guru pribumi dengan guru dari Belanda. Selain itu, guru pribumi juga menginginkan adanya kesamaan posisi antar sesama guru baik pribumi maupun pihak Belanda.


Akhirnya setelah guru-guru Indonesia memperjuangkan haknya, pada tahun 1932 Organisasi ini pun sempat berganti nama menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI). Namun sayangnya PGI tidak berkegiatan cukup lama, karena pada masa penjajahan Jepang organisasi ini terpaksa berhenti.


Hal ini terjadi, karena pada masa penjajahan Jepang semua jenis organisasi dilarang berkegiatan termasuk PGI. Setelah PGI berhenti cukup lama, anggota organisasi ini kembali berkumpul setelah Indonesia menyatakan kemerdekaan pada 17 Agustus 1945. Perkumpulan tersebut bertujuan untuk mengadakan kongres-kongres selanjutnya, yang tentunya akan mewadahi guru-guru di Indonesia.


Hingga pada tanggal 24-25 November 1945 yang bertempat di Surakarta, dibentuklah PGRI melalui kongres yang telah dirumuskan pada beberapa bulan yang lalu.  Setelah terbentuknya PGRI, pemerintah mengeluarkan Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994 untuk menetapkan tanggal berdirinya PGRI. Pada tanggal yang sama pemerintah juga menetapkan sebagai Hari Guru Nasional.


Itulah sejarah singkat peringatan hari guru. Keadaan pandemi ini memang sedikit diluar dugaan, sehingga tidak dapat diprediksi kedepannya, oleh karena itu peringatan hari guru kali ini, mengambil tema "Bergerak Dengan Hati, Pulihkan Pendidikan" tema tersebut diambil karena cerminan pendidikan selama pandemi ini lumpuh total, sehingga besar harapan para guru untuk memulihkan kembali pendidikan yang selama ini tidak sama sekali berprogres.

Comment

Similar Post You May Like

Lokasi

Alamat: Jl. Kancra No 37, Buahbatu, Bandung 40262
(022) 7324011
09:00-17:00

Media Partner