Kenali Berbagai Jenis Pasta Khas Italia!

Wpfreeware 2021-11-22 11:16:45 Kuliner


Source: Pinterest.id


Semua orang pasti sangat suka hidangan yang satu ini, ya pasta adalah kuliner khas italia yang banyak digemari oleh masyarakat indonesia. Pasta berasal dari bahasa Italia yaitu "pasta alimentar" yang berarti adonan bahan makanan. Dalam arti yang lebih luas, "pasta" bisa berarti semua adonan seperti roti, cake, atau pastry. Pasta merupakan bahan makanan seperti mi dalam bahasa Italia disebut "pastasciutta".


Pembuatan pasta terdiri dari beberapa macam bahan makanan seperti campuran tepung terigu, olive oil, telur, dan garam yang membentuk adonan yang bisa dibentuk menjadi berbagai variasi ukuran dan bentuk. Pasta dijadikan berbagai hidangan setelah dimasak dengan cara direbus. Di Indonesia, jenis pasta yang populer misalnya spageti, makaroni dan lasagna. Padahal banyak sekali jenis pasta yang tidak kalah enak untuk dikonsumsi.


Yuk intip beberapa pasta khas italia yang enak untuk dikonsumsi!


Spaghetti



Source: Pinterest.id

Spaghetti merupakan jenis pasta yang paling terkenal di indonesia, dan merupakan jenis pasta yang sering dikonsumsi. Spaghetti terdiri dari mie tipis dan panjang yang dapat dipasangkan dengan berbagai macam saus. Orang juga menyebut spaghetti ini sebagai Mie Italia. Salah satu saus spaghetti yaitu bolognese, bolognese adalah spaghetti dengan saus daging cincang lalu ditaburi keju parmesan parut.


Penne



Source: Pinterest.id

Penne adalah jenis pasta klasik dan salah satu pasta pokok. Penne adalah jenis pasta pendek, berbentuk tabung, dan berlubang tengahnya. Tabung pasta penne berukuran sedang dan bergerigi, memiliki tepi yang dipotong secara diagonal. pasta penne ini hampir sama seperti makaroni yang memiliki lubang ditengahnya.


Hal ini membuat penne cocok untuk semua jenis saus dan pasangan daging maupun sayur, dengan saus daging tebal hingga krim lembut. Namun disarankan untuk mengkombinasikannya dengan saus berkonsistensi ringan, agar saus mengalir ke dalam tabung dan memperkaya rasa.


Makaroni



Source : Pinterest.id

Makaroni adalah jenis pasta yang umum dan mudah dijumpai dimanapun, karena tergolong salah satu pasta yang banyak dikonsumsi oleh orang indonesia. Pasta makaroni ini mirip seperti penne berbentuk tabung namun sedikit melengkung. Pasta ini sangat cocok disandingkan dengan saus krim dengan keju leleh karena bagian dalamnya yang berlubang dapat memenuhi apa pun yang dipasangkan dengannya.


Biasanya pasta makaroni selalu disajikan dengan saus krim, keju leleh, atau saus tomat tanpa banyak potongan dapat disajikan bersama pasta makaroni, menghasilkan masakan yang khas dan beraroma.


Lasagna



Source: Pinterest.id

Lasagna adalah pasta lembaran datar, pasta yang satu ini sering kali disajikan dengan saus keju, saus bolognese dan beberapa saus lainnya. Pasalnya lasagna merupakan pasta yang berisikan daging dan sayur-sayuran. Lasagna juga dikenal dengan salah satu pasta tertua di dunia, dan dapat ditelusuri kembali ke zaman Yunani kuno.


Lasagna disajikan dalam bentuk lembaran-lembaran tipis mirip keju slice yang disusun 7 lapis yang berisi sayuran, daging seperti ayam, seafood atau daging lainnya juga saus. Kulit Lasagna dibuat dari adonan tepung terigu yang setelah diberikan isian, lalu dipanggang di oven sampai matang.


Fusilli



Source: Pinterest.id

Fusili merupakan jenis pasta yang menyerupai spiral onderdil motor. Sebenarnya pasta ini berbentuk pendek dan spiral. Fusilli biasanya diolah dengan saus krim dan kacang polong. Fusilli sendiri dapat dihidangkan dengan bahan lainnya seperti daging ayam, daging sapi, sayur-sayuran, dan sebagainya. Fusilli bisa dijadikan pasta, campuran sup, hingga digoreng dengan taburan serbuk cabai.


Fettuccine



Source: pinterest.id

Fettuccine adalah pasta yang berbentuk pita yang biasa dikenakan di pakaian atau rambut anak-anak. Dalam bahasa Italia Fettuccine memiliki arti "pita kecil", pasta ini juga merupakan salah satu jenis pasta yang populer di masakan Romawi. Fettuccine berbentuk panjang dan pipih yang bentuknya sama seperti kwetiau, namun dalam segi tekstur dan rasa sama saja seperti jenis pasta lain yang biasa dikonsumsi.


Jenis pasta ini umumnya dihidangkan bersama saus tomat dengan taburan daging atau carbonara. Fettuccine juga cukup mudah ditemukan sebagai menu di restoran-restoran di Indonesia.


Ravioli


Source: Pinterest.id

Ravioli merupakan makanan tradisional dalam masakan Italia, berasal dari kata kerja bahasa Italia yaitu "revolvere" yang artinya "untuk membungkus". Sebutan tersebut sejalan dengan bentuknya yang kotak dan menggembung, seperti membungkus sesuatu di dalamnya. Selain itu pasta ini memang ada isiannya, yaitu daging atau sayuran. Namun ada juga beberapa ravioli yang sengaja kopong tidak berisi.


Ravioli adalah jenis pasta yang terdiri adonan pasta tipis yang mempunyai isian di dalamnya seperti pangsit. Ravioli biasanya disajikan dalam kaldu atau dengan saus. Ravioli umumnya berbentuk bujur sangkar, meskipun terkadang dibuat dalam bentuk seperti lingkaran dan setengah lingkaran.



Farfalle



Source: Pinterest.id

Nama Farfalle adalah berasal dari bahasa Italia yaitu farfalle yang berarti kupu-kupu. Ya, pasta ini cantik sekali karena berbentuk seperti kupu-kupu. Pasta ini seringkali disebut dengan "kupu-kupu pasta". Farfalle dapat disajikan semua jenis saus, tetapi paling cocok dengan saus krim dan saus tomat. Cara mengkonsumsi pasta ini sebaiknya menggunakan sendok, agar lebih mudah saat mengambil pastanya.


Angel Hair



Source: Pinterest.id

Angel Hair atau terkenal dengan nama Capelli D\'Angelo di negara asalnya Italia, nama tersebut diambil karena angel hair termasuk dalam kelompok pasta Capellini atau jenis pasta yang tipis (dengan diameter antara 0.85 and 0.92 millimeter). Jika dibandingkan dengan spaghetti, bentuk angel hair lebih tipis dan tidak sekenyal spaghetti. Karena ketipisannya, waktu memasak angel hair pun cukup singkat.


Angel hair biasanya dimasak dengan sayur-sayuran dan campuran daging ditambah saus tradisional ala Italia. Saat ini banyak orang yang lebih menyukai angel hair ini dibandingkan spaghetti. Selain saus tradisional italia, banyak juga yang menggunakan saus bolognese untuk pasta yang satu ini.

Comment

Similar Post You May Like