Diet Okinawa Khas Jepang, Ampuh Turunkan Berat Badan

Wpfreeware 2021-11-21 01:46:02 health


Source: Pinterest.id


Diet Okinawa merupakan diet yang biasa dijalani oleh orang jepang yang tinggal di Okinawa, pasalnya diet okinawa merupakan ketatnya pengaturan pola makan yang sehat dengan cara tradisional yang hanya ada di Okinawa, Jepang. Bahkan diet ini merupakan diet yang paling aman untuk diterapkan dalam jangka panjang, misalnya sampai kita berusia 50-60 tahun. Hal ini juga membantu menjaga tubuh agar tetap stabil.


Karenanya kebanyakan orang jepang yang tinggal di Okinawa memiliki usia 100 tahun, bahkan banyak yang melebihi umur tersebut dengan kondisi badan yang sehat dan bugar. Hal ini juga dipengaruhi oleh faktor genetik, lingkungan, dan gaya hidup. Melansir dari Healthline, banyak peneliti yang percaya bahwa hal yang paling mendukung yaitu cara diet alias pola makan mereka.


Pola makan tradisional ala masyarakat Okinawa terdiri atas konsumsi asupan rendah kalori dan lemak. Mereka juga menyertakan sayuran dan makanan berbasis kedelai, serta meminimalisir protein sehingga tidak terjadi kelebihan protein.


Pola hidup yang anut oleh seluruh penduduk Okinawa ini memiliki manfaat banyak, seperti terhindar dari beberapa penyakit halnya diabetes, jantung, atau kanker karena hal itu didorong oleh asupan makanan yang mereka konsumsi sehari-hari seperti sayuran tinggi serat, vitamin, mineral, dan rendah kalori, serta protein hewani.


Kemudian penduduknya juga menyeimbangkan diri dengan berbagai aktivitas fisik yang cukup, sehingga relevan apabila orang yang melakukan pola makan dan hidup sehat secara bersamaan. Hal ini akan berdampak baik untuk kesehatan dan tubuh kita.


Gimana nih Sobat Glamours? Mulai tertarik dengan diet okinawa ini? Yuk intip beberapa makanan yang dikonsumsi oleh penduduk Okinawa ini!


Diet Okinawa Original



Source: Pinterest.id


Diet yang satu ini merupakan pola makan yang ditetapkan dan dibiasakan secara turun temurun di setiap keluarga yang tinggal di Okinawa. Mereka mengkonsumsi beberapa macam kandungan makanan seperti karbohidrat sebanyak 85%, protein sebanyak 9%, dan lemak sebanyak 6% termasuk lemak jenuh 2% di dalamnya.


Diet ini dianjurkan untuk mengkonsumsi sedikit nasi, dan mengganti asupan karbohidrat dengan ubi, biji-bijian, kacang-kacangan, serta sayuran. Sedangkan untuk proteinnya mereka hanya mengkonsumsi ikan putih dan makanan laut. Untuk tambahan antioksidan, Anda bisa minum teh bunga melati atau rempah-rempah lain, seperti kunyit.


Diet Okinawa Modern



Source: Pinterest.id

Seperti halnya diet Okinawa yang original, diet inipun memiliki beberapa bahan pangan yang tidak jauh berbeda, bahkan cenderung sama. Namun memiliki komposisi dan porsi berbeda dalam kandungan makanannya, yaitu karbohidrat sebanyak 58%, protein sebanyak 15%, dan lemak sebanyak 28%, termasuk lemak jenuh 7% di dalamnya.


Dalam diet ini akan menambahkan sedikit porsi protein dan lemak, namun mengurangi porsi karbohidrat. Untuk diet modern ini biasanya penduduk asli di sana hanya mengkonsumsi nasi beberapa kali dalam satu minggu, dan menggantinya dengan produk kedelai atau kacang kacangan, seperti halnya tahu, miso, natto, dan edamame. Juga tidak lupa menambah beberapa minuman alkohol, teh, rempah-rempah, dan kaldu.


Selamat mencobanya Sobat Glamours!

Comment

Similar Post You May Like